Breaking News:

Berita Kota Kupang

Meski Orangtua Belum Menikah, Akta Anak Tetap Diterbitkan

Administrasi kependudukan merupakan hak setiap warga negara Indonesia. Pada beberapa kasus yang terjadi di mana seorang anak lahir dan or

Pos Kupang.Com/Yen
Agus Ririmasse 

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Administrasi kependudukan merupakan hak setiap warga negara Indonesia. Pada beberapa kasus yang terjadi di mana seorang anak lahir dan orang tuanya belum memiliki akta pernikahan, maka anak tersebut belum bisa memiliki akta kelahiran dan administrasi kependudukan lainnya.

Padahal seorang anak yang dilahirkan berhak mendapatkan akta kelahiran. Namun di dalam akta kelahiran tersebut tertulis lahir dari seorang ibu atau anak dari seorang ibu. Kalau biasanya akta kelahiran itu tercantum anak yang lahir dari Ayah dan dicantumkan nama ayah dan ibunya, tapi karena kalau orang tuanya belum menikah makanya dicantumkan nama ibu.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang, Agus Ririmasse, kepada POS-KUPANG.COM, mengatakan, nanti saat orang tua anak tersebut sudah menikah dan memiliki Akta Nikah, maka akta kelahiran anak tersebut akan dibatalkan dan diterbitkan akta kelahiran baru dengan mencantumkan nama ayahnya.

"Jadi kita tidak akan mengorbankan anak hanya karena orang tuanya belum menikah atau belum memegang akta pernikahan. Akta kelahiran seorang anak harus tetap diterbitkan karena itu merupakan haknya sebagai warga negara Indonesia," tuturnya.

Kata Ririmasse Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kota Kupang tetap membuka ruang seluas-luasnya untuk mengurus akta kelahiran walaupun kedua orang tuanya belum memegang akta pernikahan. Karena administrasi kependudukan merupakan hak setiap warga negara.

Dinas kependudukan merupakan dinas pelayanan publik untuk melayani setiap kepengurusan administrasi kependudukan yang dibutuhkan masyarakat termasuk di dalamnya akta kelahiran bagi seorang anak yang lahir dari orang tua yang belum menikah.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Yeni Rachmawati).

Agus Ririmasse
Agus Ririmasse (Pos Kupang.Com/Yen)
Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved