Breaking News:

Gugus Tugas Covid-19 NTT Persiapkan Tes Massal Metode PCR

Persiapan tersebut tengah dilakukan Gugus Tugas yang bekerjasama dengan Forum Academia NTT dan Universitas Nusa Cendana

Gugus Tugas Covid-19 NTT Persiapkan Tes Massal Metode PCR
POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Sekretaris 1 Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi NTT drg. Dominikus Minggu Mere

Gugus Tugas Covid-19 NTT Persiapkan Tes Massal Metode PCR 

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi NTT tengah mempersiapkan tes cepat massal dengan menggunakan metode PCR atau polymerase chain reaction.

Persiapan tersebut tengah dilakukan Gugus Tugas yang bekerjasama dengan Forum Academia NTT dan Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang.

"Untuk tes massal sementara dipersiapkan. Teman teman sementara persiapan, kerjasama dengan Forum Academia NTT dan Universitas Nusa Cendana Kupang," ujar Sekretaris 1 Gugus Tugas Covid-19 Provinsi NTT drg. Dominikus Minggu Mere kepada POS-KUPANG.COM, Sabtu (4/7). 

Ia mengatakan, pihak Gugus Tugas melakukan kerjasama dengan Forum Academia NTT dan Undana untuk melaksanakan tes massal dengan metode pemeriksaan laboratorium yang mampu mendeteksi keberadaan material genetik dari sel, bakteri, atau virus itu. 

"Saat ini kita sedang persiapkan dengan baik," jawab drg. Domi ketika ditanya soal waktu pelaksanaan tes. Ia

Sementara itu, ia mengatakan, untuk wilayah wilayah yang memiliki penyebaran transmisi lokal dilaksanakan rapid tes massal untuk mengetahui persebaran dan melakukan pencegahan penyebaran serta penanganan virus Covid-19 secara dini. 

"Kalau rapid test massal untuk wilayah yang memiliki transmisi lokal," katanya. 

Tes PCR untuk Mendiagnosis COVID-19 sendiri dilaksanakan dengan prosedur pemeriksaan yang diawali dengan pengambilan sampel dahak, lendir, atau cairan dari nasofaring (bagian antara hidung dan tenggorokan), orofaring (bagian antara mulut dan tenggorokan), atau paru-paru pasien yang diduga terinfeksi virus Corona.

Pengambilan sampel dahak ini dilakukan dengan metode swab, yang prosedurnya memakan waktu sekitar 15 detik dan tidak menimbulkan rasa sakit. Selanjutnya, sampel dahak akan diteliti di laboratorium.

Halaman
12
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved