Breaking News:

Pemkot Kupang Luncurkan Laman Siap PPDB Online Kota Kupang

Jangan sampai ada orang tua yang tidak tahu atau terlambat mengetahui info dan akhirnya menimbulkan persoalan di kemudian hari

POS-KUPANG.COM/ISTIMEWA
Peluncuran laman PPDB Online Tahun 2020 di Aula Dinas Pendidikan Kota Kupang, Rabu (17/6/2020) 

Pemkot Kupang Luncurkan Laman Siap PPDB Online Kota Kupang

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang telah meluncurkan laman daring untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2020/2021.

Laman yang diberi nama Siap PPDB Online Kota Kupang dapat diakses di https://kupangkota.siap.ppdb.com mulai 22 Juni 2020 hingga 24 Juni 2020. Sebanyak 10 SD dan 20 SMP akan terlibat dalam PPDB secara daring tersebut.

Dalam keterangan tertulis Humas Pemkot Kupang yang diterima POS-KUPANG.COM, Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore meminta agar informasi PPDB Online ini disebarluaskan kepada masyarakat. Ia berharap sosialisasi tidak sekadar brosur, tapi gunakan berbagai media.

 "Jangan sampai ada orang tua yang tidak tahu atau terlambat mengetahui info dan akhirnya menimbulkan persoalan di kemudian hari," ujar Jefri pada peluncuran laman PPDB, Rabu (17/6/2020).

Dalam PPDB online tingkat Kota Kupang ini, salah satu hal yang diatur ialah mengenai zonasi. Jefri berpendapat, zonasi dilakukan untuk mengatasi penumpulan siswa di satu sekolah. Ia meminta panitia penyelenggara bekerja dengan jujur dan profesional.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Kupang Dumuliahi Djami menjelaskan, ada sejumlah perbedaan yang diterapkan pada PPDB tahun 2020 dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pada tahun 2019, sistem penerimaan yang digunakan merupakan penerimaan semi online.

Namun, di tahun 2020, seluruh proses dilakukan secara online. Selanjutnya, pembagian zonasi menjadi zona satu dan dua, di mana jika tidak terakomodir di salah satu zona bisa melamar ke sekolah di zona lain yang belum terpenuhi kuotanya tidak berlaku lagi.

Pada tahun ini, Pemkot Kupang telah menetapkan pembagian zona yang tertuang dalam SK Wali Kota. Siswa hanya dapat melamar di zona yang sesuai domisilinya, dengan pertimbangan supaya dekat dengan rumah mereka dan bisa ditempuh dengan jalan kaki.

Dumul menambahkan, selain jalur zonasi yang diberi porsi 70 persen, sekolah juga memberi ruang bagi jalur afirmasi sebanyak 22 persen, jalur perpindahan 5 persen, dan jalur prestasi 3 persen. Informasi ini sudah disebarluaskan lewat brosur yang mereka bagikan di semua rumah ibadah di Kota Kupang.

Manajer Umum Telkom Witel NTT Samsurizal Aruni yang turut hadir pada kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih kepada Pemkot Kupang yang memberi kepercayaan kepada Telkom untuk menjadi provider atau developer aplikasi PPDB online tahun ini.

Kepercayaan ini menjadi pemicu bagi mereka untuk terus berupaya melahirkan ide baru yang inovatif dan bermanfaat bagi masyarakat Kota Kupang.

Telkom sendiri telah membentuk tim khusus untuk menangani PPDB online di Kota Kupang dan pihaknya terbuka menerima masukan guna memperbaiki kekurangan yang terjadi pada tahun lalu. Jika ada kendala dalam proses PPDB online pihaknya telah menyediakan jalur khusus untuk melayani kendala tersebut.

Dinkes Kabupaten Mabar Data Tenaga Medis dan Non Medis Untuk Dapat Insentif

Tim Covid-19 Sumba Barat Terus Pantau 21 Orang Tanpa Gejala

Adapun peluncuran laman PPDB Online yang berlangsung di Aula Dinas Pendidikan Kota Kupang tersebut dihadiri oleh para Kepala Bidang Dinas Pendidikan Kota Kupang, para Kepala Sekolah, dan operator komputer dari 30 sekolah yang menyelenggarakan PPDB secara online. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Intan Nuka)

Penulis: F Mariana Nuka
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved