Renungan Harian Katolik

Persekutuan Trinitas yang Menyelamatkan

Umat Kristiani selalu mengawali dan mengakhiri setiap doa dengan rumusan singkat: “ Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus.”

Dok Maxi Un Bria
RD Maxi Un Bria dengan latar belakang menara Pizza Italia. 

Renungan Harian Katolik, Minggu 7 Juni 2020
Persekutuan Trinitas Yang Menyelamatkan

Oleh: RD. Maxi Un Bria

POS-KUPANG.COM - Selamat Merayakan Pesta Tritunggal Mahakudus.

Umat Kristiani selalu mengawali dan mengakhiri setiap doa dengan rumusan singkat: “ Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus.”

Rumusan singkat ini mengingatkan kita tentang persekutan Allah Tritunggal Mahakudus dalam karya keselamatan umat manusia. Satu Allah Tiga Pribadi Ilahi.

Bapa yang Maha Pengasih mengutus Putera-Nya ke dunia. Ia melaksanakan kehendak Bapa untuk menebus dosa umat manusia. Setelah menyelesaikan tugas-Nya di dunia. Yesus kembali kepada Bapa dan mengutus Roh Kudus untuk menyertai para murid dan gereja sampai akhir zaman.

Persekutuan Allah Trinitas adalah persekutuan kasih Ilahi dengan satu tujuan yakni menyelamatkan manusia di dunia dan akhirat. Yesus memperkanalkan kehendak Bapa kepada dunia. Agar mereka yang percaya memperoleh rahmat keselamatan dan tinggal dalam persekutuan kasih Bapa.

Persekutuan Allah Trinitas memiliki peran-peran yang berbeda namun sehakekat dalam Keilahian. Persekutuan Trinitas terarah pada keselamatan manusia. Misteri dan keagungan persekutuan Trinitas begitu luas dan mendalam sehingga manusia tidak dapat memahami sepenuhnya.

Apa yang kita renungkan dan pahami saat ini adalah bagian kecil dari rahasia dan misteri Trinitas. Hidup kita saat ini dan perjalanan menuju masa depan berada dalam desain dan rancangan keselamatan Allah Tritunggal Maha Kudus.

Kasih Allah begitu besar bagi dunia. Kasih-Nya menjangkau semua orang tanpa membeda-bedakan. Sebagaimana matahari terbit bagi semua manusia.

Halaman
123
Editor: Agustinus Sape
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved