Virus Corona

KABAR GEMBIRA! Kemendikbud Izinkan Sekolah di Zona Hijau Boleh Lakukan Metode Tatap Muka

Pemerintah mulai memperlonggar kebijakan penyelenggaraan pendidikan untuk sekolah di zona hijau menggunakan metode tatap muka

TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
PERANGKAT PEMBELAJARAN - Siswa kelas X SMA Bintang Mulia mengoperasikan tablet dengan sistem operasi terbaru Microsoft Windows 8 pada acara kerjasama Microsoft Indonesia dengan sekolah tersebut di SMA Bintang Mulia Bandung, Komplek Istana Mekar Wangi, Kota Bandung, Jumat (4/4). Kerjasama tersebut merupakan salah satu upaya mendukung pengembangan pendidikan nasional, lewat teknologi sistem operasi terbaru Microsoft Windows 8 yang dapat membantu mewujudkan produktivitas pengajar, efektifitas kegiatan belajar mengajar, menghemat pemakaian kertas serta mengenalkan aplikasi pendidikan dengan konsep belajar sambil bermain. 

POS-KUPANG.COM, JAKARTA - Pemerintah melalui Kementeri Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud ) akhirnya memperlonggar kebijakan penyelenggaraan pendidikan.

Jika sebelumnya, semua pelaksanaan belajar mengajar dilakukan secara during dari rumah, maka beberapa waktu ke depan Kemendikbud memberikan izin untuk sekolah yang berada di Zoan hijau menyelenggarakan pendidikan dengan metode tatap muka.

Menjelang pemberlakuan masa new normal, muncul kekhawatiran yang dirasakan para orangtua terkait kegiatan sekolah yang menurut rencana akan dilakukan di sekolah. 

Kemendikbud akhirnya menjawab keresahan para orang tua tersebut dengan menegaskan, hanya sekolah di zona hijau yang dapat kembali membuka pengajaran secara tatap muka di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Bupati Malaka Panggil Kepala Sekolah Bahas New Normal Kegiatan Belajar Mengajar, Ini Rancangannya

Kembali Perpanjang Masa PSBB, Anies Pastikan Belajar di Sekolah Tak Dimulai sampai Kondisi Aman

Mendikbud Nadiem Umumkan Mekanisme Belajar Tahun Ajaran Baru Usai Direstui Gugus Tugas Covid-19

Kisah Pemudi Asal Lembata: Berhenti Jadi Guru, Pulang Kampung dan Dirikan Rumah Belajar Waienga

Artinya sekolah tersebut dapat kembali buka untuk menerapkan kegiatan belajar mengajar.

Meski begitu, waktu dimulainya tahun ajaran baru belum diputuskan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim.

"Hanya sekolah di zona hijau yang dapat membuka sekolah dengan tatap muka. Tanggal pastinya menunggu pengumuman Mendikbud," ujar Plt Direktur Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Hamid Muhammad saat dihubungi Kontan.co.id, Kamis (4/6/2020). 

Sebelumnya kegiatan belajar mengajar memang dilakukan di rumah selama pandemi Covid-19. Namun, menjelang normal baru di sejumlah wilayah, opsi membuka kembali sekolah menjadi perhatian.

Hamid menegaskan kembalinya siswa ke sekolah dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Hal itu untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah.

"Jaga jarak, pakai masker, jaga kebersihan, maksimal 15 hingga 18 siswa per kelas," terang Hamid. 

Halaman
123
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved