Breaking News:

Bersahabat dengan Corona

Saat ini pemerintah kita masih berjibaku dengan upaya melawan virus corona yang masih terus mewabah

Bersahabat dengan Corona
Dok
Logo Pos Kupang

POS-KUPANG.COM - Saat ini pemerintah kita masih berjibaku dengan upaya melawan virus corona yang masih terus mewabah. Semua perhatian dicurahkan seluruhnya untuk menangani masalah yang satu ini.

Walau upaya itu telah melewati beberapa bulan, tetapi sampai dengan saat ini, pemerintah kita belum mampu menanggulangi virus mematikan yang satu ini.

Angka terinfeksi dan korban yang meninggal setiap hari terus meningkat. Walau demikian angka kesembuhan juga tidak mau kalah bahkan jumlah yang sembuh sudah melebih jumlah penderita terinfeksi di Indonesia.

PT Teratai Waingapu Bantu APD ke RSK Lindimara

Sayangnya, di tengah kerja keras itu, muncul pula aneka riak yang senantiasa mengkritisi pemerintah, seolah tak berdaya menghadapi virus corona.

Memang, penyebarluasan virus ini sepertinya sulit diprediksi. Karena penularannya terjadi manakala ada interaksi sosial antara satu dengan yang lain. Artinya, virus tersebut sebenarnya diam tetapi yang membawanya kemana-mana adalah manusia yang melakukan pergerakan ke segala arah.

Rebutan Cewek 17 Tahun, Tiga Oknum Anggota TNI Hajar Pelajar SMA Babak Belur, Simak Info

Bahwa untuk mengendalikan penularan virus itu, pemerintah menerbitkan kebijakan dengan memberlakukan pembatasan sosial berskala besar atau PSBB.

Pemerintah juga melarang warga untuk keluar rumah. Kalau pun terpaksa keluar rumah, warga diingatkan untuk selalu mengenakan masker, jaga jarak dan menghindari kerumunan. Artinya kepada masyarakat diminta untuk patuh dan taat terhadap protokol kesehatan yang setiap hari diberitakan media.

Pemerintah juga terpaksa melarang masyarakat beribabah, melarang berkumpul dan lainnya. Dalam kondisi tersebut, mestinya harus diakui, bahwa pemerintah telah mencurahkan segalanya untuk melindungi seluruh rakyat negeri ini.

Bahwa saat ini telah ada kelonggaran bagi masyarakat untuk beribadah, itu hal yang patut diapresiasi. Tentunya kita berharap agar saat beribadah, umat seyogianya memperhatikan protokol Covid-19.

Misalnya, selalu menjaga jarak selama beribadah, menggunakan masker, hindari saling bersalaman dan mencuci tangan.

Jika memungkinan, tempat-tempat ibadah pun disemprotkan cairan disinfektran, sehingga turut mensterilkan tempat itu dari bahaya yang tidak kita harapkan.

Kita berharap agar semua protokol Covid-19 kita patuhi secara sungguh-sungguh. Karena jika diabaikan, maka bisa menimbulkan hal-hal yang tidak kita inginkan.
Kita berharap dengan kelonggaran yang diberikan pemerintah ini, kita mulai sadar untuk memasuki fase berikutnya, yakni sadar untuk berperilaku hidup sehat.

Bila ini yang kita lakukan, maka kita sesunggunya sedang memerangi virus corona dengan cara-cara bersahabat dengan virus tersebut. Semoga. (*)

Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved