Breaking News:

Begini Cara Penggantian Isolator Pecah di Tower 108 dan Tower 122 Section Maulafa-Naibonat

Cara penggantian isolator pecah di tower 108 dan tower 122 section Maulafa-Naibonat

ISTIMEWA
Perbaiki penggantian isolator pecah di tower 108 dan tower 122 section (bagian) 2 Maulafa-Naibonat 

Lihat cara penggantian isolator pecah di tower 108 dan tower 122 section Maulafa-Naibonat

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- PT PLN (Persero) terus berupaya memberikan pelayanan tetap menyala pada masyarakat karena salah satu misi PLN yaitu "Menjadikan tenaga listrik sebagai media untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat".

Usaha ini tentu merupakan tantangan besar bagi PLN. Agar masyarakat bisa menikmati listrik dengan aman dan nyaman, maka sistem kelistrikannya pun harus handal.

Update Covid-19 NTT: Jelang Pemberlakuan New Normal, Kasus Positif Covid-19 Tembus Angka 101

Untuk menjaga sistem bisa tetap handal, PLN memiliki tim khusus dan terlatih untuk mengatasi berbagai masalah kelistrikan di jaringan transmisi SUTT (Saluran Udara Tegangan Tinggi) 70 kV. Mereka adalah tim Pemeliharaan dari ULTG (Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk) Kupang. Tugasnya adalah melakukan pemeliharaan dan perbaikan di Gardu Induk dan SUTT 70kV dari Bolok-Atambua.

Manager PLN ULTG Kupang, Mawahib Affandi, Kamis (4/6/2020), mengatakan, setiap harinya, Tim ULTG Kupang selalu melakukan pengecekan di sepanjang jalur SUTT 70kV dari Bolok-Atambua. Ketika ditemukan adanya anomali atau gangguan, maka mereka akan segera memperbaikinya.

Warga Tanjung Bolang Nikmati Listrik

"Seperti kemarin (3/06/2020), Tim ULTG Kupang berhasil memperbaiki penggantian isolator pecah di tower 108 dan tower 122 section (bagian) 2 Maulafa-Naibonat Demi menjaga keandalan aliran listrik ke masyarakat sekitar, jadi tim harus menghadapi tantangan yang cukup berat seperti lokasi tower tersebut yang berada jauh dari pemukiman penduduk, menyebrangi sungai, melewati hutan yang lebat dan melewati medan yang tergolong sangat ekstrem," terangnya.

Tim ULTG Kupang bekerja dengan baik walaupun memakan durasi waktu sampai 3 jam pada saat proses perbaikan. Namun hasilnya memuaskan karena aliran listrik terus menyala sehingga dapat dirasakan oleh masyarakat sekitar. Pasukan Pemeliharaan Jaringan SUTT 70kV PLN ULTG Kupang sudah teruji dan memiliki berbagai sertifikasi, diantaranya: Sertifikasi Bekerja di ketingggian, Pemeliharaan peralatan SUTT, Penyelamatan personil dari ketinggian, Ahli K3 umum, Ahli K3 listrik, K3 Pekerjaan SUTT, dan Tower climbing safety. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Yeni Rachmawati)

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved