Salam Pos Kupang

Harlah Pancasila Saat Pandemi Covid-19

TANGGAL 1 Juni 2020, seluruh komponen masyarakat Indonesia melaksanakan upacara peringatan hari lahirnya (Harlah) Pancasila

Harlah Pancasila Saat Pandemi Covid-19
Dok
Logo Pos Kupang

POS-KUPANG.COM - TANGGAL 1 Juni 2020, seluruh komponen masyarakat Indonesia melaksanakan upacara peringatan hari lahirnya (Harlah) Pancasila sebagai dasar dan landasan sekaligus tujuan dan cita-cita negara Republik Indonesia.

Namun peringatan Harlah Pancasila tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dengan suasana yang penuh meriah dan gegap gempita karena diisi dengan berbagai kegiatan.

Tahun ini peringatan Harlah Pancasila berlangsung dalam suasana sunyi karena berlangsung di tengah pandemi Covid-19 yang kini sedang melanda dunia termasuk negara kita tercinta Indonesia.

Saat New Normal, Gugus Penanggulangan Covid-19 Terapkan Protokol Kesehatan Bagi ASN

Bagi kita masyarakat bangsa Indonesia, pandemi Covid-19 yang kini sedang terjadi di negara ini sebenarnya juga untuk menguji apakah nilai-nilai yang sudah ditanamkan para pendiri bangsa ini yang sudah dirumuskan dan dituangkan dalam lima butir sila dari Pancasila sudah bisa dijalankan sesuai dengan cita-cita para pendiri bangsa ini?

Dalam sambutannya pada upacara peringatan Harlah Pancasila di Jakarta, Presiden Joko Widodo mengingatkan para pejabat penyelenggara negara untuk memberikan pelayanan seadil-adilnya dan tidak berdasarkan SARA (Suku Agama Ras dan Antargolongan).

Anggaran Penanganan Covid-19 NTT, Ini Kata Gugus Tugas

Dengan kata lain, setiap warga negara dari suku ras dan agama manapun yang ada di NKRI ini harus diberikan atau mendapatkan pelayanan yang sama dari para pemerintah. Tidak membeda-bedakan atau diskriminasi dalam pemberian pelayanan merupakan cita-cita para pendiri bangsa ini yang diejawantahkan dalam sila kedua Pancasila yaitu Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab.

Aspek lain yang perlu diuji dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini ialah bagaimana kita bersatu padu menyatukan kekuatan melawan penyebaran pandemi Covid-19. Sebagai bangsa yang berlandaskan Pancasila, masyarakat bangsa Indonesia harus bersatu melawan penyebaran virus ini. Mengikuti petunjuk dan pedoman yang diberikan oleh pemerintah.

Dan karena tujuannya sama, yaitu memutus mata rantai penyebaran Covid-19 maka tidak ada yang bersikap seperti parang bermata dua, sengaja memberi interpretasi yang berbeda terhadap petunjuk dan kebijakan yang pemerintah, bahkan hanya doyan mengkritik tanpa memikirkan solusi yang ujung-ujungnya dapat mengganggu kelancaran pelaksanaan pemberantasan penyebaran virus Covid-19.

Dengan modal yang sudah ditanamkan dalam lima butir sila Pancasila, maka Presiden Jokowi dalam bagian lain sambutannya pada Peringatan Harlah Pancasila menyampaikan rasa optimismenya bahwa bangsa Indonesia bisa menjadi pemenang dan unggul dari negara-negara lain dalam perang melawan pandemi Covid-19.

Dan dengan kemenangan itu juga masyarakat bangsa Indonesia bisa membangun kembali perekonomiannya sehingga cita-cita mewujudkan masyarakat Indonesia yang adil dan makmur dapat terwujud. *

Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved