Update Covid-19 NTT : Tambah Satu Kasus Positif Baru dari Cluster Gowa

Hasil pemeriksaan swab di Laboratorium Biomolekular RSUD WZ Johannes Kupang, satu sampel swab dari cluster Gowa dinyatakan positif

POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Sekretaris 1 Gugus Tugas Covid-19 NTT drg Dominikus Minggu Mere 

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Kasus Covid-19 positif di wilayah NTT bertambah. Berdasarkan hasil pemeriksaan swab yang dilakukan di Laboratorium Biomolekular RSUD WZ Johannes Kupang, satu sampel swab dari cluster Gowa dinyatakan positif. 

"Hari ini tambah satu kasus terkonfirmasi positif Covid-19," demikian keterangan Sekretaris 1 Gugus Tugas Covid-19 NTT drg Dominikus Minggu Mere saat memberi keterangan pers kepada wartawan di Kantor Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Jumat (29/5/2020). 

Aston Kupang Hotel Siap Jika Semua Sektor Pariwisata Dibuka 15 Juni Mendatang

Pria yang menjabat Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT itu menjelaskan, dari 48 sampel swab yang diperiksa, satu sampel yang terkonfirmasi positif tersebut berasal dari Kabupaten Flores Timur dari cluster Gowa.

Dengan bertambahnya satu kasus positif Covid-19 baru, maka akumulasi total kasus positif Covid-19 di wilayah NTT menjadi 91 kasus. Dari total tersebut, sebanyak 12 pasien positif dinyatakan sembuh dan satu pasien meninggal dunia. 

Ima Hotel Kupang Siap Menyambut New Normal

Perinciannya, jelas Minggu Mere, terdiri dari 27 kasus di Kabupaten Sikka, 24 kasus di Kota Kupang, 14 kasus di Kabupaten Manggarai Barat, 8 kasus di Kabupaten Manggarai Barat, 6 kasus di Kabupaten Ende, 4 kasus di Kabupaten TTS, 3 kasus di Kabupaten Nagekeo, 2 kasus di Kabupaten Flores Timur dan 1 kasus di Kabupaten Manggarai. 

Untuk 12 pasien sembuh terdiri dari 8 pasien di Kota Kupang, 2 pasien di Kabupaten Manggarai Barat, serta masing masing satu pasien di Kabupaten Sumba Timur dan Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS). 

Minggu Mere juga menjelaskan, berdasarkan pemeriksaan swab pertama kepada pasien positif Covid-19 dari cluster Sukabumi di RSB Drs Titus Uly Kupang, tiga sampel swab dinyatakan negatif. Sehingga, akan dilakukan pemeriksaan kedua untuk memastikan kesembuhan pasien positif tersebut. 

Pihak Gugus Tugas Covid-19 Provinsi NTT terus melakukan koordinasi dengan Kabupaten/kota untuk upaya pendistribusian rapid test serta pengambilan sampel swab

"Besok pesawat akan diberangkatkan untuk membawa rapid tes serta mengambil sampel swab di wilayah Pulau Sumba serta Pulau Flores. Untuk wilayah Flores Bagian Barat akan diambil di Labuan Bajo, sementara untuk wilayah Flores bagian Ende. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong)

Penulis: Ryan Nong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved