Corona di NTT

Update Covid-19 NTT, Tambah Tiga Kasus Positif, TTS dan Transmisi Lokal Rujukan RST Wirasakti

Jumlah pasien positif Covid-19 di NTT kembali bertambah, saat ini jumlahnya menjadi 82 kasus

POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Sekretaris 1 Gugus Tugas Covid-19 NTT drg Dominikus Minggu Mere saat memberikan keterangan pada Rabu (20/5/2020) siang 

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Jumlah pasien positif Covid-19 di NTT kembali bertambah. Setelah sempat terhenti pada Kamis, pada Jumat (22/5/2020) Gugus Tugas kembali mengumumkan penambahan pasien positif baru. 

Berdasarkan hasil pemeriksaan swab yang dilakukan di Laboratorium Biomolekular RSUD WZ Johannes Kupang, sebanyak tiga sampel swab dinyatakan positif.

"Hari ini ada tiga terkonfirmasi positif Covid-19, satu dari Kabupaten TTS dan dua dari Kota Kupang," ujar Sekretaris 1 Gugus Tugas Covid-19 Provinsi NTT drg Dominikus Minggu Mere kepada Wartawan di Sekretariat Gugus Tugas Covid-19 NTT, Jumat (22/5/2020). 

Pemkot Kupang Terima Bantuan OJK NTT Senilai 100 Juta

Hasil positif dari Kota Kupang jelas Minggu Mere, merupakan hasil dari sampel swab rujukan RST Wirasakti. "Dua duanya punya hubungan atau kontak erat dengan pasien transmisi lokal yang pertama (Alm Filmon Kiuk)," jelasnya. 

Ia menambahkan, hubungan erat tersebut merupakan hubungan kekerabatan dengan pasien transmisi lokal pertama. 

Terjangkit Covid-19, Aktor Ini Alami Komplikasi, Jamur di Paru-paru, Stroke dan Kakinya Diamputasi

Sementara dari Kabupaten TTS, pasien yang terkonfirmasi positif tersebut berasal dari cluster Magetan. "Pasien tersebut usianya 17 tahun, masih masuk dalam kategori anak anak," tambahnya. 

Dengan penambahan tiga kasus baru tersebut maka jumlah total kasus Covid-19 positif di NTT menjadi  82 kasus. 

“Dari 82 kasus positif Covid-19 tersebut, sebanyak 6 orang sembuh dan 1 meninggal dunia. Saat ini sedang dalam perawatan sebanyak 82 orang,” ungkap Minggu Mere sebelumnya.

Saat ini sebanyak 12 orang dirawat di RSUD Komodo Labuan Bajo, 5 orang di RSB Drs Titus Uly Kupang, 1 orang di RSUD Fernandez Larantuka, 3 orang di RSUD Soe, 1 orang di RSUD Aeramo Nagekeo, 6 orang di RSUD Ende, 27 orang di RSUD TC Hillers Maumere, 7 orang di RSUD Umbu Rara Meha Waingapu, 3 orang di RSUD Prof WZ Johannes Kupang dan 1 orang di RST Wirasakti Kupang. 

Selain dirawat di rumah sakit, 2 pasien positif juga dikarantina secara mandiri di Kabupaten Rote Ndao dan Kabupaten TTS

Hingga kini, Kabupaten Sikka menjadi wilayah yang menyumbang kasus positif terbanyak dengan 27 kasus yang terdiri dari Cluster Kapal Lambelu dan cluster Gowa.  

Rincian sebaran kasus, urai Minggu Mere, terdiri dari 27 kasus di Kabupaten Sikka, 22 kasus di Kota Kupang, 14 kasus di Kabupaten Manggarai Barat, 7 kasus di Kabupaten Sumba Timur, 6 Kasus di Kabupaten Ende, 4 kasus di Kabupaten TTS, 2 Kasus di Kabupaten Rote serta masing masing satu kasus di Kabupaten Flores Timur, Kabupaten Nagekeo dan Manggarai. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong)

Penulis: Ryan Nong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved