Jokowi dan Menristek Luncurkan 55 Produk Inovasi Di Tengah Pandemi Covid-19 di Tanah Air

Presiden Joko Widodo meluncurkan 55 produk inovasi untuk penanganan wabah Covid-19 di Indonesia. Inovasi ini merupakan hasil karya anak bangsa ini.

YouTube Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi di Kantor Pos Kota Bogor 

Jokowi dan Menristek Luncurkan 55 Produk Inovasi Di Tengah Pandemi Covid-19 di Tanah Air

POS-KUPANG.COM, JAKARTA  - Bersama Menristek Bambang Bordjonegoro, Presiden Jokowi meluncurkan 55 produk inovasi untuk penanganan wabah Covid-19 di Indonesia.

Inovasi tersebut merupakan karya murni anak bangsa, hasil kerja sama antara pemerintah, akademisi, dan industri dalam negeri.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Joko Widodo mengatakan, saat ini dunia tengah beradu cepat dalam menangani wabah Covid-19, tak terkecuali Indonesia.

Oleh sebab itu, perlu adanya inovasi dan karya yang nyata dari dalam negeri untuk melawan wabah tersebut.

Dengan adanya puluhan produk inovasi yang dihasilkan konsorsium Covid-19, menurut Jokowi, menunjukkan momentum baru bagi kebangkitan bidang sains dan teknologi Indonesia, khususnya di bidang kesehatan.

Wanita Muda Ini Setubuhi Anak Asuh Lelakinya yang Usia 13 Tahun, Kini Melahirkan Bayi Perempuan

Covid-19 Belum Reda, Tahun Ajaran Baru Kemungkinan Tak Serempak, Mendikbud Pun Siapkan Skenario

Daftar 77 Perwira Tinggi Polisi RI Naik Pangkat Jadi Bintang, Boy Rafli Amar Jadi Komjen

"Hari ini kita patut berbangga karena dari tangan anak-anak bangsa, tangan kita sendiri, kita mampu menghasilkan karya yang sangat dibutuhkan," ujarnya saat "Peluncuran Percepatan Penanganan COVID-19 Konsorsium Riset dan Inovasi", Rabu (10/5/2020).

Dari 55 produk inovasi tersebut, terdapat 9 produk inovasi unggulan yang sudah ditinjau langsung oleh Jokowi.

Kesembilannya yakni PCR Test Kit, Rapid Diagnostics Test IgG/IgM, Emergency Ventilator, Imunomodulator Herbal asli Indonesia, Plasma Convalesence, Mobile Lab BSL-2, Sistem AI untuk deteksi Covid-19, Medical Assistant Robot Raisa dan autonomous UVC Mobile robot, serta Powered Air Purifying Respirator.

"Dari yang saya lihat kemarin, saya sangat optimis bahwa hal yang dulunya tidak pernah kita pikirkan dan hanya impor, sekarang ini bisa mandiri karena kita bisa memproduksinya sendiri," ujarnya.

Halaman
12
Editor: Frans Krowin
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved