Ini Jumlah Desa di Lembata yang Sudah Salurkan Bantuan Langsung Tunai

Kepala Dinas Sosial dan PMD Lembata, melaporkan saat ini di Kabupaten Lembata total sudah ada 131 desa yang telah menyalurkan BLT

Ini Jumlah Desa di Lembata yang Sudah Salurkan Bantuan Langsung Tunai
POS-KUPANG.COM/OBY LEWANMERU
Kepala Dinas Sosial dan PMD Lembata, Aloysius Buto

POS-KUPANG.COM | LEWOLEBA - Kepala Dinas Sosial dan PMD Lembata, Aloysius Buto melaporkan saat ini di Kabupaten Lembata total sudah ada 131 desa yang telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa ( BLT-DD) dari total 144 desa di Kabupaten Lembata.

Hal ini di sampaikan pada launching Bantuan Sosial Tunai atau BST dari Kemensos RI oleh Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur sekaligus menyerahkan secara simbolis kepada perwakilan keluarga penerima manfaat atau KPM yang dipusatkan di kantor Pos dan Giro Lewoleba Lembata, Rabu (20/5/2020) kemarin.

Penyaluran BST di Sumba Timur - Oktavianus : Kalau Belum Dapat Jangan Datang Pukul Saya

Kadis Sosial PMD Kabupaten Lembata dalam sambutannya menjelaskan, perkembangan penyaluran BLT Tahap-1 dari Dana Desa bagi 144 Desa sampai dengan Selasa (19/5) sudah terealisasi untuk 131 Desa yang ada di kabupaten Lembata.

"Masih tersisa 13 Desa dalam proses, dimana 96 Desa sudah salurkan untuk 1 bulan, 34 Desa sudah salurkan untuk 2 bulan dan 1 Desa sudah salurkan untuk 3 bulan," jelasnya.

Ini yang Disampaikan Bupati Gidion Jelang Lebaran di Sumba Timur

Lebih lanjut, ia mengatakan, total KK yang sudah menerima BLT tahap-1 sebanyak 10.342 KK di mana total anggaran yang sudah terealisasi sebesar Rp.7.414.000.000.

Aloysius menegaskan, selain BLT-DD ada juga bantuan sosial lain seperti BST yang merupakan bantuan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial yang dialokasikan kepada Kelurahan dengan besaran yang sama seperti BLT di Desa.

"Dari data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) Lembata sebanyak 18.092 KK, di mana sudah terakomodir dalam PKH dan Sembako sebanyak 12.330 KK,ditambah 3.132 KK perluasan sembako sehingga total yang sudah terakomodir dalam bantuan pemerintah sebanyak 15.462 KK," ungkapnya.

Ia menambahkan, dari 4.731 usulan Pemkab baik dari data DTKS maupun non DTKS, diakomodir pemerintah pusat sebanyak 4.279 KK. Untuk BST saat ini melalui PT Pos dan Giro diperuntukan bagi 2.366 KK.

Untuk data penerima lainnya menyusul untuk gelombang 2 (1.713 KK) dan gelombang 3 (56 KK), selain itu hari ini juga disalurkan melalui Himpunan Bank milik negara (Himbara) dari Bank BRI dan BNI sejumlah 144 penerima, sehingga totalnya nanti sebanyak 4.279 penerima," paparnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ricko Wawo)

Penulis: Ricardus Wawo
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved