Corona di Sumba Timur

Update Corona Sumba Timur - Dua Pasien Positif Dari Kluster STT Jakarta

Dua pasien positif Corona Virus Disease ( Covid-19) di Kabupaten Sumba Timur berasal dari kluster STT Grogol Jakarta

Penulis: Oby Lewanmeru | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/Oby Lewanmeru
Kadis Kesehatan Sumba Timur,dr. Chrisnawan Try Haryantana dan Sekda Sumba Timur,Domu Warandoy,S.H,M.Si saat jumpa pers di Posko Percepatan Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Sumba Timur, Jumat (15/5/2020). 

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU - Dua pasien positif Corona Virus Disease ( Covid-19) di Kabupaten Sumba Timur berasal dari kluster STT Grogol Jakarta.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Sumba Timur, dr. Chrisnawan Try Haryantana saat jumpa pers di Posko Percepatan Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Sumba Timur,Jumat (15/5/2020) malam.

Menurut Chrisnawan, secara akumulasi kasus positif di Kabupaten Sumba Timur bertambah satu orang menjadi dua orang.

Cegah Penyebaran Virus Corona Tim Gugus Perketat Pengawasan Posko Barat dan Timur Sumba Barat

" Sesuai hasil jumpa pers oleh Jubir Gugus Tugas Percepatan Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi NTT, bahwa ada penambahan kasus positif di Sumba Timur sehingga menjadi dua orang," kata Chrisnawan.

Dijelaskan, penambahan kasus positif Corona itu berasal dari kluster STT Grogol Jakarta. Begitu juga dengan kasus positif pertama, yang juga adalah berasal dari kluster STT Grogol Jakarta.

Pemkab Belu Salurkan Bantuan Sembako Penanggulangan Covid-19, Simak Penegasan Wabup Ose Luan

Pada kesempatan itu, Chrisnawan juga menyampaikan, untuk kasus pertama positif tersebut diambil swab dan dikirim ke Laboratorium Litbangkes Jakarta pada tanggal 28 April 2020.

"Hasil swab kasus positif pertama ini kita terima pada tanggal 13 Mei 2020 dan swabnya positif Covid-19," katanya.

Didampingi Ketua Gugus Tugas Percepatan Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Sumba Timur, Domu Warandoy,S.H, M.Si , dr. Chrisnawan mengatakan, pada tanggal 9 Mei 2020 sampelnya diambil lagi dan dikirim ke Laboratorium Molekuler RSUD. Prof. WZ. Johannes Kupang.

"Hasil swab yang kita kirim ke Kupang hasilnya negatif,namun hasil ini belum bisa kita gunakan bahwa yang bersangkutan negatif, karena harus kita ambil swab lagi untuk diperiksa," katanya.

Dikatakan, untuk pasien positif pertama , meskipun hasil swab yang dikirim ke Laboratorium Molekuler RSUD.Prof.WZ. Johannes Kupang dinyatakan negatif, namun belum dikatakan sembuh, karena sesuai penatalaksanaan penanganan Covid-19,maka harus diambil swab lagi. "Kita harus ambil lagi swab pasien positif pertama untuk diperiksa lagi," ujarnya.

Dikatakan, penanganan pasien positif sejak tiba di Waingapu, Sumba Timur sudah sesau protokol karena ketika dirapid test reaktif langsung di isolasi ke RSUD Umbu Rara Meha Waingapu hingga saat ini. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru)

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved