Cegah Penyebaran Covid-19, Pius Weraman: Sebaiknya Tutup Pasar Dalam Waktu 14 Hari

Dr. Pius Weraman, SKM. M. Kes, ahli epidemiolog mengatakan, kalau kita ingin mencegah transmisi lokal, sebaiknya dalam waktu 14 hari tutup pasar

POS KUPANG/GORDI DONOFAN
Dr. Pius Weraman, S.KM.,M.Kes, Ketua Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia Cabang NTT, saat memberikan materi tentang Malaria di harapan peserta, Selasa (8/8/2017). Ket:Peserta sedang mendengarkan materi 

POS-KUPANG.COM| KUPANG - Dr. Pius Weraman, SKM. M. Kes, ahli epidemiolog mengatakan, kalau kita ingin mencegah transmisi lokal, sebaiknya dalam waktu 14 hari tutup pasar itu.

" peredaran virus ini ada di alam bebas, terutama di tempat ia ( jenazah positif Covid-19) berjualan, sehingga apabila mungkin untuk waktu 14 hari di tutup sementara" ujar Dr. Pius di kediamannya kepada POS-KUPANG. COM, Rabu (13/05/2020).

Dr. Pius mengatakan, karena apabila kita hanya melakukan penyemprotan disinfektan di lokasi tempat penjualan jenazah positif covid 19 saja, itu tidak menutup kemungkinan virus itu hilang.

Soal Pemecatan ASN, Bupati Lembata: Sudah Ada Tiga Draf di Meja Saya

Ia melanjutkan, virus itu masih berada di tempat-tempat tersembunyi, sehingga pilihan terbaik untuk penyemprotan disinfektan sekarang dan setelah masa penutupan pasar selesai, disemprot lagi disinfektan, untuk mencegah apabila virus itu masih ada.

"Saya berpikir pasti pendapat semua orang kesehatan pasti seperti itu. Tidak mungkin kita membiarkan hal itu, sehingga berlanjut sampai penularan transmisi lokal itu terjadi, dan itu lebih beresiko.

Kunjungi Mahasiswa Asal Manggarai Timur di Kupang, Pimpinan PKB Pesan Tetap Ikut Protokol Kesehatan

Dr. Pius menambahkan, berkaitan dengan pasar, apabila pemerintah mengingat perkembangan ekonomi, pemerintah harus menutup area tempat berjualan jenazah positif covid 19. Namun untuk mencegah sehingga tidak terjadi penularan berkelanjutan, sebaiknya pasar di tutup sementara, sehingga virus tidak akan berkembang. Artinya, orang-orang untuk sementara tidak pergi ke lokasi itu, sehingga sentuhan yang menjadi proses penularan itu tidak akan terjadi lagi.

Harapan Dr. Pius, semoga pemerintah sejalan dengan apa yang telah ia sampaikan. (Laporan Reporter POS-KUPANG. COM, Ray Rebon)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved