Gugus Covid -19 Sumba Barat Jemput Penumpang KM Bukit Patung

Gugus Tugas mendapatkan data pelaku perjalanan yang kemungkinan berasal dari daerah yang telah terpapar corona.

POS KUPANG.COM/ISTINEWA
Tim Gugus Tugas Covid-19 Sumba Barat menjemput warga Sumba Barat yang baru turum dari KM Bukit Patung di Pelabuhan Waikelo, Sabtu (11/4/2020) dini hari. 

Gugus Covid -19 Sumba Barat Jemput Penumpang KM Bukit Patung

POS KUPANG. COM| WAIKABUBAK--Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumba Barat bersama Dinas Perhubungan Kabupaten Sumba Barat menjemput penumpang KM. Bukit Patung di Pelabuhan Laut Waikelo, Sabtu (11/4/2020) dini hari.

Ketua Gugus Tugas Covid-19 Sumba Barat, drg. Bonar M. Sinaga, M.Kes, kepada Humas menjelaskan, penjemputan ini dilaksanakan untuk memudahkan Gugus Tugas mendapatkan data pelaku perjalanan yang kemungkinan berasal dari daerah yang telah terpapar corona.

"Data yang kami himpun akan diteruskan kepada para kepala desa/lurah dan kepala puskesmas untuk dilakukan pemantauan selama melaksanakan karantina mandiri selama 14 hari," kata Bonar.

Sementara Bupati Sumba Barat Drs. Agustinus Niga Dapawole menegaskan, semua yang masuk di dalam gugus tugas harus cepat tanggap dan pro aktif.

"Ikuti mekanisme kesehatan, kita perangi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sumba Barat. Jadi sekali lagi saya tegaskan agar pro aktif dan jangan hanya menunggu perintah,"tegas Niga Dapawole dalam rilis yang dikirim Kabag Humas dan Protokol, Ridho Samani, Sabtu (11/4/2020).

Dan, kepada masyarakat, Niga Dapawole kembali mengimbau agar tetap menggunakan masker, baik di dalam maupun di luar rumah.

Menurut WHO, virus Covid-19 tidak hanya bertahan di benda-benda tetapi juga dapat bertahan di udara selama kurang lebih 8 jam.

"Oleh karena itu, diharapkan agar kita ikuti aturan kesehatan dengan menggunakan masker atau kain penutup hidung dan mulut,"pinta Bupati Niga Dapawole.

Hasil pantauan Humas, para penumpang discreening oleh petugas kesehatan di Posko Dinas Kesehatan dan diberikan sosialisasi terkait corona.

Kacab PT Prima Parama Mobilido Daihatsu Kupang : Penjualan Mobil Menurun 50 Persen

Komandan Brigif 21 : Anggota TNI yang Sempat Kontak dengan Pasien Positif Corona Akan Dikarantina

VIDEO – Lihat Ulah Oknum Pedagang di Kota Kupang Ini, Membuang Ikan Yang Tak Laku Dijual

Adapun penumpang asal Sumba Barat berjumlah 8 orang dari Desa Kabukarudi, Wanokaza, Keluarahan Wailiang dan Pada Eweta.(Laporan Reporter POS KUPANG. COM, Gerardus Manyella)

Penulis: Gerardus Manyela
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved