WAWANCARA EKSKLUSIF VIKJEN

Waspada Corona dalam Terang Paskah : Saat Teduh, Persekutuan dan Pengorbanan Untuk Kebaikan Bersama

Waspada Corona dalam Terang Paskah : Saat Teduh, Persekutuan dan Pengorbanan Untuk Kebaikan Bersama

POS KUPANG.COM/RYAN NONG
Vikaris Jenderal Keuskupan Agung Kupang RD Dus Duka. 

WAWANCARA EKSKLUSIF VIKJEN  :  Waspada Corona dalam Terang Paskah :  Saat Teduh, Persekutuan dan Pengorbanan Untuk Kebaikan Bersama 

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Perayaan pekan suci hingga hari raya Paskah tahun ini menjadi berbeda dari perayaan pada tahun-tahun sebelumnya. Menghadapi pandemi Covid-19, pemerintah mengeluarkan kebijakan larangan untuk berkumpul termasuk di tempat ibadah. Merujuk kebijakan tersebut, Uskup mengeluarkan himbauan agar umat merayakan ibadah dari rumah. 

Bagaimana gereja memaknai pekan sengasara dan kebangkitan Yesus di tengah situasi waspada pandemi Corona yang bagi sebagian orang mendatangkan cemas dan ketakutan.

Bagaimana pesan geraja bagi umat dan bagaimana umat harus memaknai peristiwa ini dalam terang Paskah dan kebangkiyan Yesus. Berikut wawancara Reporter POS-KUPANG.COM Ryan Nong bersama Vikaris Jenderal Keuskupan Agung Kupang RD Dus Duka. 

Bagaimana kesan Keuskupan dalam pekan dan hari raya paskah kali ini yang dirayakan tanpa umat?

Kita harus meluruskan, bahwa perayaan ibadah selalu dirayakan bersama umat. Tetapi umat mengikuti perayaan itu dari rumah. 

Tidak seperti biasanya, atau seperti tahun tahun yang lalu, kehadiran umat saat perayaan paskah di gereja. Dengan wabah ini, maka umat mengikuti perayaan paskah ini dari rumah masing-masing.

Bagi gereja, termasuk gereja di setiap paroki, merayakan bersama umat melalui live streaming dimana umat mengikutinya dari rumah masing masing. Saat ini, umat juga mulai terbiasa dengan Ekaristi atau ibadat melalui live streaming dari rumah masing masing.

Menurut pengalaman romo, pernahkah ada kasus seperti ini sebelumnya? Kasus dimana perayaan besar atau hari raya dirayakan tanpa kehadiran fisik umat di Gereja?

Ini situasi atau peristiwa yang tidak disangka, suatu situasi extra ordinary yang tidak semua orang duga bukan hanya di Timor tetapi di seluruh dunia.Ini suatu wabah yang selama ini belum pernah terjadi. 

Halaman
1234
Penulis: Ryan Nong
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved