Lawan Corona, Seluruh Desa Di Sumba Barat Bentuk Relawan

termasuk Indonesia, Pemerintah Kabupaten Sumba Barat melalui Dinas PMD membentuk Relawan Desa Lawan Covid-19.

POS-KUPANG.COM/ISTIMEWA
Bupati Sumba Barat, Drs. Agustinus Niga Dapawole memantau Posko Satgas Covid-19 di wilayah timur, Puuweri, Jumat (3/4/2020) 

Lawan Corona, Seluruh Desa Di Sumba Barat Bentuk Relawan 

POS-KUPANG. COM |WAIKABUBAK -- Di tengah pandemi virus corona (Covid-19) yang melanda dunia saat ini, termasuk Indonesia, Pemerintah Kabupaten Sumba Barat melalui Dinas PMD membentuk Relawan Desa Lawan Covid-19.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Sumba Barat, Jefry Dapamerang ketika dihubungi pertelepon,  Rabu (8/4/2020), menjelaskan pembentukan Relawan Desa Lawan Covid-19 untuk menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Nomor 8 Tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa. 

” Seluruh desa telah menganggarkan dalam APB Desa Tahun 2020  terkait penanganan virus corona,” kata Jefry. 

Adapun beberapa kegiatan yang didanai dari dana desa antara lain, pembentukan Relawan Desa Lawan Covid-19, penyemprotan disinfektan, penyediaan sarana cuci tangan bagi fasilitas umum, pengadaan masker bagi warga, sosialisasi penanganan virus corona serta bantuan logistik bagi warga berstatus Orang Dalam Pemantuan (ODP).

Jefry berharap, Relawan Desa Lawan Covid-19 yang terdiri dari berbagai unsur antara lain tokoh agama, tokoh adat, Babinsa, Babinkamtibmas, dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dalam melindungi warganya agar terhindar dari wabah corona.

” Tugas Relawan Desa Lawan Covid-19 ini cukup berat, namun sangat strategis dalam menghambat penyebaran virus corona. Salah satu tugas adalah memastikan warga desa yang baru tiba dari luar pulau Sumba agar disiplin melaksanakan karantina mandiri selama 14 hari, serta memastikan tidak ada kerumunan massa yang tidak perlu,” tegasnya.

Luna Maya Ungkap Siapa Pacar Pertamanya Saat di Bali, Kisahnya Mirip Syahrini dan Reino Barack

Update Covid 19 di Belu: Jumlah ODP Berkurang Terus

Update Corona NTT : ODP di NTT 764 Orang, 258 Sembuh dan Simak Sebaran Terbanyak di Empat Daerah

Untuk mendukung tugas  Relawan Desa Lawan Covid-19 , Kadis PMD yang juga anggota Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumba Barat telah dan akan menyuplai data pelaku perjalanan  kepada desa untuk dilakukan pemantauan selanjutnya.(Laporan Reporter POS KUPANG. COM, Gerardus Manyella) 

 
 

Penulis: Gerardus Manyela
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved