Corona di ntt

Cegah Virus Corona, Water Canon Brimob Polda NTT Semprot Disinfektan di Jalanan Kota Kupang

Polda NTT melaksanakan kegiatan penyemprotan disinfektan di wilayah dan ruang-ruang publik.

POS KUPANG.COM/RYAN NONG
Water Canon milik Sat Brimob Polda NTT melakukan penyemprotan disinfektan di jalan Kota Kupang pada Sabtu (27/3/2020). 

Cegah Virus Corona, Water Canon Brimob Polda NTT Semprot Disinfektan di Jalanan Kota Kupang 

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Dalam rangka mendukung pemerintah mencegah dan menanggulangi penyebaran Virus Corona (Coronavirus) di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Polda NTT melaksanakan kegiatan penyemprotan disinfektan di wilayah dan ruang-ruang publik. 

Kegiatan tersebut dilaksanakan dari tingkat Polda hingga Polres jajaran. Tak hanya di tempat publik seperti rumah ibadah, sarana umum serta tempat sosial, penyemprotan disinfektan juga dilakukan di jalan raya. 

Penyemprotan di jalan raya dilaksanakan dengan menggunakan satu unit mobil rantis Water Canon milik Satuan Brimob Polda NTT yang didukung dengan satu unit kendaraan public address yang bertugas untuk memberi informasi dan himbauan kepada pengguna jalan dan masyarakat umum. 

Komandan Tim (Dantim) Iptu Immanuel kepada POS-KUPANG.COM menjelaskan, kegiatan penyemprotan tersebut telah berlangsung sejak Kamis (26/3/2020) pagi. 

Pada hari Kamis, kata Iptu Immanuel, penyiraman dan penyemprotan cairan disinfektan menggunakan mobil water canon dilakukan di sejumlah ruas jalan di Kota Kupang, mulai dari Jalan Timor Raya, Jalan Inaboi, hingga Jalan El Tari. Selain itu juga dilakukan penyemprotan di jalan Soeharto hingga Oepura. 

Sementara pada Jumat, penyiraman dan penyemprotan dilaksanakan di sepanjang jalan Timor Raya Oesapa, jalan Prof Johannes, Bundaran Uis Neno Nokan Kit (Bundaran Pemghijauan), Jalan Adi Sucipto Undana, Jalan Piet A Tallo, Bundaran Tirosa hingga Jalan El Tari.

Perwira yang juga menjabat Kasi Sarpras Sat Brimob Polda NTT itu mengatakan, selain melaksanakan penyemprotan, anggota Satuan Brimob Polda NTT juga melakukan himbauan kepada masyarakat dengan mobil Publik Addres agar tidak keluar rumah dan isolasi diri sendiri untuk memutus rantai penyebaran virus corona COVID-19.

Ia mengatakan, setiap operasi, pihaknya menghabiskan 5000 liter disinfektan. Disinfektan tersebut disiapkan oleh Satuan Brimob Polda NTT dan bantuan masyarakat.

"Saat ini kita kekurangan disinfektan karena stok sudah menipis. Kita harapkan ada bantuan pemerintah," katanya. 

Ia juga mengatakan bahwa pihaknya melayangkan surat permohonan ke Dinas Kesehatan tetapi belum ada balasan hingga Sabtu (28/3/2020). "Semua ini demi Kota kupang yang kita cintai dan demi masyarakat kota Kupang terlebih lagi masyarakat NTT," katanya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda NTT Kombes Pol Jo Bangun menyampaikan, selama kondisi masih waspada Corona maka Polda akan tetap melakukan tindakan pencegahan bersama pemerintah. 

Tindakan pencegahan tersebut dilaksanakan dengan mengerahkan satuan dan personel Polda serta Polres jajaran untuk melaksanakan penyemprotan disinfektan di tempat umum serta fasilitas publik. 

Saat ini katanya, bahan tersebut disiapkan oleh polda NTT. Namun demikian pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi untuk pengadaannya.

Dampak Covid-19, Ansy Lema:Pemerintah Harus Jaga Stok Pangan dan Beri Sektor Informal Insentif

Dukung Program Kostratani dan Gratieks, Kepala BBPP Kupang Motivasi P4S untuk Produktif dan Menanam

Pesta Miras dan Resahkan Warga Saat Situasi Waspada Corona, Tiga Pemuda di Kupang Diamankan Polisi

Warga RT 32 RW 11 Kelurahan Kolhua Keluhkan Tiang Listrik

"Selama ini kita pake stok di Polda, tetapi kita juga sudah koordinasikan dengan Pemerintah," ujarnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong)

Penulis: Ryan Nong
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved