Corona Virus di NTT

Cegah Virus Corona, Kadis PMD Kadis Perindag Sumba Barat Pasang Tandon Air Cuci Tangan di Pasar

Tandon berkapasitas 650 liter air dipasang dipintu masuk dalam pasar weekarou agar semua pedagang dan pengunjung pasar dapat mencuci tangan sebe

Cegah Virus Corona, Kadis PMD Kadis Perindag Sumba Barat Pasang Tandon Air Cuci Tangan di Pasar
PK/Petrus Piter
Kepala Dinas PMD Sumba Barat, Jefry Dapamerang, Kadis Perindustrian dan Perdagangan Sumba barat, Ir.Israil Meok dan Kepala BPBD, Yanis Lubalu bersama warga menurunkan tandon air di pasang di pasar weekarou, Kamis (26/3/2020) agar warga bisa cuci tangan demi cegah tertularnya virus corona. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter

POS-KUPANG.COM/WAIKABUBAK---Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sumba Barat,Jefry Dapamerang dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sumba Barat, Ir.Israil Meok didampingi Sekretaris tim gugus tugas percepatan penanganan virus covid-19 tingkat Kabupaten Sumba Barat, Yanis Lubalu yang juga Kepala Badan Penanggulangan Bencan Daerah secara sukarela memasang tandon air cuci tangan bagi pedagang dan pengunjung Pasar Baru Weekarou di Kelurahan Weekarou, Kecanatan Loli, Kabupaten Sumba Barat, Kamis (26/3/2020) sore.

Tandon berkapasitas 650 liter air dipasang dipintu masuk dalam pasar weekarou agar semua pedagang dan pengunjung pasar dapat mencuci tangan sebelum dan setelah berbelanja. Langkah itu dilakukan demi mencegah tertularnya wabah virus vorona bagi masyarakat Sumba Barat.

Seperti disaksikam POS-KUPANG.COM, Kamis (26/3/2020) siang, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sumba Barat, Jefry Dapamerang dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumba Barat, Ir.Israil Meok mendatangi lokasi pasar baru weekarou untuk memasang tandon air cuci tangan.bersih bagi pedagang dan pengunjung pasar.

Cegah Corona Bupati Niga Imbau Warga di Sumba Barat Berjemur Diri

Keduanya berbincang-bincang dengan sejumlah pedagang menyampaikan tujuan pemasangan tandon air cuci tangan. Masyarakat diminta menjaga tandon air dan sabun yang tersedia demi mencuci tangan yang bersih sebelum dan setelah berbelanja.

Hal itu dilakukan demi mencegah penyebaran virus corona di daerah iru. Dalam kesempatan itu, keduanya juga meminnta para pedagang dan pengunjung pasar harus membiasakan pola hidup sehat demi mencegah terjangkitnya virus mematikan covid-19.

Cegah Corona Bupati Niga Imbau Warga di Sumba Barat Berjemur Diri

Diselah perbincangan dengan pedagang, nampak Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Jefry Dapamerang, menghubungi salah seorang pengusaha menanyakan ada tidak tandon air sedang untuk dipasang di pasar Weekarou dan beberapa titik lainya dalam kota Waikabubak. Minimal membutuhkan empat buah tandon air. Dibalik telepon itu, pengusaha tersebut menyanggupinya.

Selang beberapa lama kemudian, satu buah tandon air berkapasitas 650 liter air tiba di pasar Weekarou dan 3 tandon air lainnya akan di pasang, Jumat (27/3/2020) di pasar lama kota Waikabubak, lapangan Manda Elu dan di kelurahan Sobawawi.

Simak Komentar Bomber Haus Gol Persib Bandung Wander Luiz, Liga 1 2020 Dihentikan Sementara, Info

Sebelum pemasangan, Kepala Dinas PMD, Jefry Dapamerang, menghubungi sekretaris tim gugus tugas percepatan penanganan virus covid-19 tingkat Kabupaten Sumba Barat, Yanis Lubalu agar menyaksikan langsung pemasangan tandon air cuci tangan di pasar baru weekarou. Hal itu agar komunikasi pelaksanaan kegiatan penanganan pencegahan virus covid-19 terkoordonir baik.

Dan sekretaris tim gugus tugas percepatan penanganan pencegahan virus corona (covid-19) tiba di lokasi. Sayangnya tandon air cuci tangan tersebut pecah saat diturunkan dari mobil karena berisi air. Walaupun warga sudah berusaha mengeluarkan sebagian air dalam tandon itu. Akibatnya tandon tersebut rusak dan dikembalilan untuk diperbaiki.

Wabah Corona Virus, Nasib Liga 1 2020, Sponsor dan Gaji Pemain Persib Bandung? Penjelasan Manajemen

Untuk menggantikan sementara, Kepala Dinas PMD, Jerfy Dapamerang menggunakan mobil Dinas Kepala BPBD Sumba Barat yang juga adalah sekretaris tim gugus tugas percepatan penanganan virus covid-19, Yanis Lubalu mengambil sebuah ember di Dinas Kesehatan Sumba Barat untuk di pasang di pasar baru weekarou agar warga bisa mencuci tangan sekaligus warga mendengarkan langsung sosialisasi tata cara mencuci tangan bersih menggunakan sabun oleh staf Dinas Kesehatan Sumba Barat, Prisilia A.Lumenta.

Sesaat sebelum acara sosialisasi berlangsung, sekretaris tim gugus tugas percepatan penanganan pencegahan covid -19, Yanis Lubalu, menjelaskan, pemasangan tando air, walaupun saat ini adalah ember karena tandon rusak dan sedang diperbaiki adalah bertujuan semua pedagang dan pengunjung pasar mencuci tangan menggunakan sabun sebelum dan setelah beraktivitas dalam pasar ini. Hal itu demi mencegau menularnya vrius coroma di daerah ini.

Simak Komentar Bomber Haus Gol Persib Bandung Wander Luiz, Liga 1 2020 Dihentikan Sementara, Info

Selanjutya berlangsung acara sosialisasi tata cara mencuci tangan yang benar menggunakan sabun agar bersih dan sehat oleh staf Dinas Kesehatan Sumba Barat, Prisilia A.Lumenta. Dihadapan puluhan ibu yang adalah pedagng pasar Weekarou, Prisilia mendemonstrasikan secara singkat tata cara mencuci tangan menggunakan sabun agar bersih dan sehat.

Setelah selesai mempraktekan cara mencuci tangan, langsung meminta seorang ibu, mempraktekan dan disaksikan lainnya.

Para pedagang juga mempertanyakan menggunakan sabun biasa oleh banyak orang saat cuci tangan, apakah tidak berdampak tertularnya virus kepada orang lain, ia mengatakan, sebaiknya menggunakan sabun air agar tidak menular kepada lainnya. (Pet)

Kepala Dinas PMD Sumba Barat, Jefry Dapamerang, Kadis Perindustrian dan Perdagangan Sumba barat, Ir.Israil Meok dan Kepala BPBD, Yanis Lubalu bersama warga menurunkan tandon air di pasang di pasar weekarou, Kamis (26/3/2020) agar warga bisa cuci tangan demi cegah tertularnya virus corona.
Kepala Dinas PMD Sumba Barat, Jefry Dapamerang, Kadis Perindustrian dan Perdagangan Sumba barat, Ir.Israil Meok dan Kepala BPBD, Yanis Lubalu bersama warga menurunkan tandon air di pasang di pasar weekarou, Kamis (26/3/2020) agar warga bisa cuci tangan demi cegah tertularnya virus corona. (PK/Petrus Piter)
Penulis: Petrus Piter
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved