Lawan Covid-19, Persatuan Jurnalis Sumba Timur Sumbang Bahan Disinfektan

mencegah wabah virus corona penyebab covid-19, Persatuan Jurnalis Sumba Timur juga turut mendukung pemerintah dengan memberikan sumbangan sukarela bah

Lawan Covid-19, Persatuan Jurnalis Sumba Timur Sumbang Bahan Disinfektan
POS-KUPANG. COM/ROBERT ROPO
Penyerahan sumbangan bahan untuk pembuatan cairan disinfektan. 

POS-KUPANG. COM | WAINGAPU---Dalam rangka mencegah wabah virus corona penyebab covid-19, Persatuan Jurnalis Sumba Timur juga turut mendukung pemerintah dengan memberikan sumbangan sukarela bahan-bahan untuk pembuatan cairan disinfektan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Sumba Timur melalui BPBD Sumba Timur.

Bantuan itu diserahkan para Jurnalis Sumba Timur kepada Kepala Pelaksana BPBD sumba Timur Mikael Jakalaki di sela kegiatan Penyemportan disinfektan di Bandara Umbu Mehang Kunda (UMK) Waingapu, Kamis (26/3/2020) siang.

Stef Usul Perjalanan Dinas Luar Daerah Rp 32 Miliar Dialihkan Pencegahan Covid-19

Siti A. Wungo wartawan TV-One usai menyerahkan itu mengatakan, virus corona ini adalah musuh kita bersama, sehingga perlu semua perang melawan virus mematikan ini. Apalagi Sumba merupakan pulau yang sangat kecil sehingga seandainya 1 saja warga yang positif maka dengan sendirinya akan cepat menyebar sebab fasilitas kesehatan untuk virus ini sangat minim.

Dengan melihat hal itu, Kata Siti didampingi Dion Umbu Ana Lodu wartawan MNC Group, Robert Ropo wartawan Pos Kupang, Jumal Hauteans wartawan Victory News, Andy M. Yusuf wartawan Kompas dan Rambu Prailiang, dari Jurnalis Sumba Timur secara spontan melakukan aksi penjaringan melalui media sosial guna memberikan sumbangan bahan pembuatan cairan disinfektan ini.

"Bahan yang kita berikan untuk pembuatan cairan disinfektan. Bantuan ini tidak seberapa tapi sedikitnya sudah mendukung Pemerintah Daerah guna memutuskan mata rantai penularan virus corona ini, lebih baik mencegah dari pada mengobati,"ungkap Siti.

Penyerahan sumbangan bahan untuk pembuatan cairan disinfektan.
Penyerahan sumbangan bahan untuk pembuatan cairan disinfektan. (POS-KUPANG. COM/ROBERT ROPO)

Nona Tari juga mengatakan, bantuan itu diserahkan langsung kepada BPBD Sumba Timur guna bersama melakukan penyemperotan cairan disinfektan untuk mencegah wabah virus corona.

Dionisius Umbu Ana Lodu wartawan MNC Group juga mengharapkan agar semua masyarakat di Sumba Timur jangan panik tetapi tetap taat dengan istruksi Pemerintah dimana jauhi kerumunan orang, tetap berdiam diri di rumah dan makan makanan yang bergizi. Mencuci tangan dengan sabun di air mengalir atau menggunakan cairan hand sanitizer.

"Jadi seruan dari pemerintah itu bukan mengada-ada tetapi demi keselamatan kita bersama. Apalagi penyebaran virus ini sangat cepat dan mematikan, mari kita berdiam diri di rumah,"ungkap Donny yang sering disapa ini.

Robert Ropo wartawan Pos Kupang TrubunNews juga mengharapkan kepada masyarakat agar tidak boleh menyebarkan berita hoax atau tidak benar terkait covid-19 ini. Namun, perlu memahami dengan baik sebelum dishere.

"Mari kita taati instruksi Pemerintah terkait social distancing ini. Biarlah kami yang bekerja mencari dan mewartakannya,"pinta Robert.

Kepala Pelaksana BPBD sumba Timur Mikael Jakalaki dalam menerima bantuan bahan pembuatan cairan disinfektan itu menyampaikan terima kasih banyak kepada para wartawan. Bahan-bahan sumbangan itu akan digunakan untuk penyemperotan di area-area publik demi mencegah virus corona ini.

Mikael didampingi Sekertaris Pelaksana BPBD Sumba Timur Herry Ratucoreh juga mengaku bahan-bahan untuk pembuatan cairan disinfektan ini sangat kurang karena sangat langkah ditemukan di pasaran. Sehingga diharapkan kepada masyarakat yang mungkin memilki lebih bisa memberikan sumbangan kepada BPBD guna dilakukan penyemperotan disinfektan demi membunuh virus itu. (*)

Area lampiran

Penulis: Robert Ropo
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved