Corona Virus di Kupang

Antisipasi Penularan Corona, Rutan Kupang Sediakan Ruang Isolasi Mandiri  

Rutan Kelas IIB Kupang terus melakukan upaya-upaya preventif dalam rangka mengantisipasi penyebaran wabah Corona di lingkunga

Antisipasi Penularan Corona, Rutan Kupang Sediakan Ruang Isolasi Mandiri  
POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Ruang Isolasi Mandiri Rutan Kelas IIB Kupang       

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong 

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Rutan Kelas IIB Kupang terus melakukan upaya-upaya preventif dalam rangka mengantisipasi penyebaran wabah Corona di lingkungan Rutan Kelas IIB Kupang. 

Setelah melaksanakan kebijakan penghentian jam besuk, memberlakukan layanan besuk online, serta melakukan protokol pengetatan perawatan dengan standar protokol kesehatan untuk pencegahan Coronavirus (Covid-19), kini Rutan Kelas IIB Kupang menyediakan ruang isolasi mandiri. 

Sebanyak dua unit ruang isolasi mandiri dibangun di dalam kompleks rutan. Satu ruang isolasi mandiri disediakan di Klinik Rutan dan satu unit lainnya di sediakan di blok hunian. Di unit isolasi mandiri  yang berada di Klinik, disediakan tiga tempat tidur.

Tragis, Siswa SMA di Borong, Matim, Tewas Tengelam Saat Mandi di Kali Wae Moi, Ini Kronologinya

Terkait penyediaan ruang isolasi mandiri tersebut, Kepala Rutan Kelas IIB Kupang Yohanes Varianto mengatakan, Rutan Kupang berkomitmen untuk melaksanakan protokol pencegahan Corona sedini mungkin. 

Varit, demikian disapa, mengatakan pencegahan dan penanganan dini perlu dilakukan apalagi untuk komunitas terpusat seperti Rutan Kupang

"Untuk komunitas terpusat seperti kita di Rutan, maka pencegahan dini harus dilakukan untuk meminimalisir peluang penyebaran," katanya kepada POS-KUPANG.COM pada Kamis (26/3/2020). 

Ia menjelaskan, pihak Rutan langsung melakukan penanganan dini apabila ada tahanan yang mengalami sakit atau minimal menunjukan gejala batuk dan flu yang bisa menjurus indikasi Corona dengan prosedur isolasi mandiri. 

Hal tersebut, ujarnya, dilakukan agar tidak berpotensi menimbulkan kekhawatiran atau penyebaran sakit karena saat ini sedang dalam masa waspada terhadap Corona. 

Ia menjelaskan, meski saat ini peralatan medik dan obat obatan masih terbatas dan menjadi kendala, namun pihaknya tetap berkomitmen untuk menjamin dan menjaga seluruh keluarga besar Rutan, baik pegawai maupun para tahanan.

Halaman
12
Penulis: Ryan Nong
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved