Pendidikan

Taman Bacaan Pelangi Edukasi Siswa di Ende

Taman Bacaan Pelangi mengedukasi anak sekolah di Ende tentang bahaya virus corona.

Romualdus Pius
Taman Bacaan Pelangi menyebarkan poster bahaya virus corona 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Romualdus Pius

POS-KUPANG.COM|ENDE - Taman Bacaan Pelangi mengedukasi anak sekolah di Ende tentang bahaya virus corona dengan cara menyebarkan ratusan poster tentang virus corona dan pencegahnya ke berbagai sekolah yang ada di Kabupaten Ende, Sabtu (21/3).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ende, Maltidis Mensi Tiwe, mengatakan, atas nama pemerintah Kabupaten Ende, pihaknya mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kepedulian Taman Bacaan Pelangi.

"Kami mengapresiasi inisiatif positif ini. Poster-poster ini akhirnya menjadi medium dan alat bagi para guru untuk menjelaskan tentang virus corona dan pencegahannya,"kata Mensi.

Ramalan Zodiak Bisnis Kesehatan Keuangan Cinta Selasa 24 Maret 2020 Taurus Lelah Gemini Fokus Kerja

Pendiri Taman Bacaan Pelangi, Nila Tanzil mengatakan, hal tersebut adalah inisiatif dari Taman Bacaan Pelangi untuk membantu mengurangi dan memperlambat penyebaran virus corona di daerah-daerah pelosok.

"Kami melihat anak-anak juga perlu diberikan edukasi tentang cara-cara sederhana untuk mencegah virus corona,"kata Nila.

Pengurus Gudep Smater Don Bosko Dikukuhkan, Ini Yang Akan Dilakukan

Jika anak-anak paham, mereka akan meneruskan informasi ini ke orangtua, kakek dan nenek mereka di rumah. Anak-anak dapat menjadi duta pencegah virus corona di masyarakat pedesaan,ujar Nila.

"Semua poster telah ditempelkan di kelas-kelas dan para guru langsung memberikan penjelasan ke siswa-siswi mereka tentang virus corona. Kami memanfaatkan waktu sebaik-baiknya dan menggunakan kesempatan ini untuk mengedukasi anak-anak tentang cara-cara sederhana pencegahan virus corona, termasuk pentingnya cuci tangan dengan sabun," kata Nila.

Guru besar Epidemiologi FKM UI Meninggal Dunia Setelah PDP Covid-19, Sang Anak Beberkan Kronolginya

Poster didesain menarik dan kreatif dengan bahasa yang sederhana, sehingga mudah dipahami oleh anak-anak. Dengan inisiatif ini, ribuan anak-anak sekolah di Ende dapat memahami informasi penting tentang virus corona dan cara sederhana mencegahnya.

Kepala SD Bhoanawa 2, Umar Kobe mengatakan, apa yang dilakukan oleh Taman Bacaan Pelangi suatu inisiatif yang luar biasa.

Polres Lembata Adakan Sosialisasi Pencegahan Virus Corona

"Pesan yang disampaikan sangat penting, karena kami menginginkan siswa-siswi kami dan keluarga mereka tetap sehat di tengah wabah virus corona ini,"katanya.

Untuk diketahui Taman Bacaan Pelangi, adalah yayasan sosial yang bergerak di bidang pendidikan yang fokus di bidang literasi dengan tujuan untuk mengembangkan kebiasaan membaca anak-anak di daerah pelosok di Indonesia Timur.

Didirikan pada 2009, Taman Bacaan Pelangi telah mendirikan 131 perpustakaan anak-anak yang tersebar di 18 pulau di Indonesia Timur dan memberikan pelatihan kepada lebih dari 1.000 guru di Indonesai Timur.

Tujuan Taman Bacaan Pelangi adalah untuk mengembangkan kebiasaan membaca anak-anak dan menyediakan akses buku bacaan yang berkualitas untuk anak-anak di daerah pelosok di Indonesia Bagian Timur. (*)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Apolonia Matilde
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved