Public Service Pos Kupang

Petani di Persawahan Harau Butuh Tanggul, Ini Tanggapan Sekretaris BPBD Sumba Timur

Baca Public Service Pos Kupang: petani di Persawahan Harau butuh tanggul, ini tanggapan Sekretaris BPBD Sumba Timur

POS-KUPANG.COM/ROBERT ROPO
Titik Sungai Harau yang menjadi banjir dan meluap ke area perswahan petani. 

Baca Public Service Pos Kupang: petani di Persawahan Harau butuh tanggul, ini tanggapan Sekretaris BPBD Sumba Timur

POS-KUPANG.COM - Selamat pagi Pos Kupang. Kami warga Sumba Timur sungguh sedih dan prihatin. Diperkirakan ada 1 hektar padi yang siap panen di Persawahan Harau, Kelurahan Kawangu, Kecamatan Pandawai, Kabupaten Sumba Timur rusak disapu banjir bandang yang meluap dari Sungai Harau.

Banjir juga merendam padi sawah milik petani ini dan sudah berlangsung tiga kali mulai hari Rabu tanggal 11, Kamis 12 dan Jumat 13 Maret 2020. Banjir itu terjadi setiap sore hari saat hujan lebat.

Cegah Covid-19 RAT Koperasi Sangosay Bajawa Ditunda, Berikut Liputannya!

Bukan hanya pada musim hujan kali ini saja terjadi banjir yang meluap dari sungai kering Harau ini, namun sudah berlangsung setiap tahun. Setiap tahun kami harus menderita kerugian yang begitu besar akibat banjir menyapu tanaman padi sawah milik kami ini.

Para petani sedang berdiri di padi mereka yang rusak disapu banjir dari Sungai Harau.
Para petani sedang berdiri di padi mereka yang rusak disapu banjir dari Sungai Harau. (POS KUPAG.COM/ROBER ROPO)

Banjir itu meluap pada satu titiik saja, yaitu di tebing sungai yang posisinya sangat rendah, sehingga sangat gampang ketiga terjadi banjir dan meluap. Lebar titik yang sering mengalirkan air ke pesawahan itu juga tidak panjang hanya sekitar 50 meter.

Kami tidak mau lagi menderita kerugian ini pada setiap tahun disaat musim hujan. Oleh karena itu kami berharap besar pemerintah daerah bisa membantu kami membangun tanggul penahan banjir di titik meluapnya banjir di sungai kering Harau itu.

Libur Sekolah sebagai Social Distancing

Sekali lagi kami hanya mengharapkan bangun tanggul ini saja. Kami minta pemerintah perhatikan keluhan kami rakyat kecil ini dulu, atas perhatian Pemerintah sebelumnya kami petani persawahan Harau sampaikan terima kasih.

Palulu Haramburu
Petani Persawahan Harau.

Tanggapan

Tim BPBD akan Lakukan Survei

Terima kasih atas surat yang disampaikan dan permintaan untuk pembangunan tanggul penahan bajir di Sungai Harau itu. Keinginan warga tersebut akan kami akan survei terlebih dahulu untuk memastikannya untuk seterusnya ditindaklanjuti.

Mohon maaf sampai sekarang kami belum turun melakukan survei lokasi, karena petugas kami sekarang juga lagi sibuk membantu mengevakuasi material longsor di sejumlah titik yang menghambat arus transportasi.

Masalah bencana ini bukan hanya di satu titik di Harau saja tetapi sangat banyak dimana kami kekurangan tenaga. Oleh karena itu kami juga mohon maaf jika staf kami juga terlambat datang ke lokasi.

Kami juga berharap Pemerintah Kelurahan Kawangu segera melaporkan bencana itu dengan surat resmi sebagai bukti kami untuk menindaklanjutinya, sebab hingga saat ini kami belum mendapatkan surat sebagai laporan resmi dari Pemerintah Kelurahan setempat terkait bencana itu. Untuk sementara kami mementingkan bencana yang sudah ada laporan resmi. (rob)

Herry Ratukoreh,
Sekertaris Pelaksana BPBD Kabupaten Sumba Timur

Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved