Komunitas 'Ine Jao' di Ngada Adakan Kegiatan Motivasi Menulis Diikuti Siswa SMPS St Agustinus Langa

Komunitas 'Ine Jao' di Ngada adakan kegiatan Motivasi Menulis diikuti siswa SMPS St Agustinus Langa

POS-KUPANG.COM/Gordi Donofan
Suasana kegiatan motivasi menulis di Cafe `Diskusi Kopi Isi Langa', kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada, Senin (16/3/2020). 

Komunitas 'Ine Jao' di Ngada adakan kegiatan Motivasi Menulis diikuti siswa SMPS St Agustinus Langa

POS-KUPANG.COM | BAJAWA - Rangkaian motivasi dan penguatan kepada ibu-ibu migran `Ine Jao' di Langa yang digelar sejak Januari lalu, berlanjut dengan kegiatan literasi dan motivasi menulis gagasan secara sederhana.

Kegiatan berlangsung di Cafe `Diskusi Kopi Isi Langa', Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada, Senin (16/3/2020).

Agapitus Tameab Pimpin PMKRI Cabang Kefamenanu

Motivasi untuk memberi penguatan kepada ibu migran itu didukung Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN) melalui program Citradaya Nita, yang berkolaborasi dengan sejumlah komunitas lokal seperti: Kelas Inspirasi Bajawa, Komisi Migran dan Perantau Paroki Langa, Orang Muda katolik (OMK) Paroki Langa, Langa Trecking Community (LTC) Asosiasi Wartawan Ngada (Aswan) dan Forum Ekraf Ngada.

Untuk diketahui, motivasi dan penguatan komunitas perempuan yang ditinggal kerja para suami di luar daerah, bahkan ke luar negeri itu sudah diawali dengan sosialisasi dan pembentukan komunitas pada awal tahun ini.

Warga Atambua Minta Fogging, Ini Tanggapan Kadis Kesehatan Belu

Sementara pada kegiatan kedua, di akhir Januari komunitas ini mendapat penguatan dengan materi kesetaraan gender dan pendampingan psikologi, hingga rangkaian kegiatan ketiga dimana peserta diberi pendampingan tentang bermedia sosial secara bijak dengan latihan menulis gagasan sederhana.

Melalui kegiatan ini peserta mendapat pemahaman tentang bagaimana menggunakan media sosial secara bijak.

Selanjutnya dapat menyampaikan pesan secara utuh dan mudah dipahami guna menghindari dampak negatif seperti gosip dan tindakan yang bisa beresiko hukum dan tentu saja tidak produktif dalam keluarga juga secara sosial.

Kegiatan motivasi menulis gagasan sederhana itu melibatkan sebagian besar peserta siswa dari SMPS St. Agustinus Langa, yang didampingi guru, ibu migran, dan sejumlah orang muda Katolik (OMK).

Para peserta mendapat pemahaman yang jelas tentang etika berkomunikasi baik lisan maupun tertulis melalui media sosial.

Halaman
123
Penulis: Gordi Donofan
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved