Perangi DBD, Koramil 1618-03 Insut Lakukan Abatesasi dan Bersih Genangan Air

Anggota Koramil 1618-03/Insut kembali melakukan kegiatan bakti sosial di beberapa tempat strategis yang ada di Kecamatan Insana Utara

POS-KUPANG.COM/TOMMY MBENU NULANGI
Anggota TNI sedang menabur abate di dalam bak penampungan air di Desa Humusu Wini, Jumat (13/3/2020). 

POS-KUPANG.COM | KEFAMENANU-Anggota Koramil 1618-03/Insut kembali melakukan kegiatan bakti sosial di beberapa tempat strategis yang ada di Kecamatan Insana Utara.

Kali ini, anggota TNI yang berada di wilayah perbatasan itu melakukan dua kegiatan yakni abatenisasi dan pembersihan genangan air.

Kegiatan yang dilakukan dalam rangka memerangi kasus Demam Berdarah Dengue ( DBD) di wilayah Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) itu dilaksanakan di Desa Humusu Wini, Jumat (13/3/2020).

BREAKING NEWS - Solo KLB Virus Corona, 1 Meninggal, Karantina 62 Orang 37 Diantaranya Tenaga Medis

Hadir dalam kegiatan tersebut diantarannya Danramil Lettu Inf. Abel Monis beserta anggota, tujuh orang anggota Satgas Yonif 132/BS, Kepala BNPP Plbn wini Ibu Triwi, Kepala Puskesmas Wini, dua orang perwakilan Syahbandar Wini, empat orang perangkat kecamatan Insut, tiga orang perangkat Desa Humusu Wini, dan satu orang anggota Pos Pol Wini.

Danramil 1618-03/Insut, Lettu Inf. Abel Monis mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut dilakukan untuk memerangi penyakit DBD yang sedang marak terjadi di wilayah Kabupaten TTU.

Covid-19 Renggut 4.984 Jiwa Per 13 Maret 2020, WHO Serukan 4 Strategi Penanganan Virus Corona

"Untuk itu kami laksanakan giat abatenisasi dan juga pembersihan genangan air tidak mengalir yang ada di dalam kubangan supaya bisa mencegah berkembang biaknya nyamuk dan penyakit lainnya," terangnya.

Abel mengatakan, kegiatan tersebut juga dilakukan sebagai bentuk kepedulian anggota TNI dalam merespon masalah yang sedang dihadapi oleh masyarakat.

"Sebagai tentara tugas kami bukan hanya menjaga kedaulatan rakyat tapi juga merespon setiap masalah yang dialami oleh masyarakat," ungkapnya.

Terpisah, Dandim 1618/TTU, Letkol Arm. Roni Junaidi, S.Sos mengaku bahwa, kegiatan abatenisasi dan pembersihan genangan air tersebut merupakan bentuk dari tindak lanjut pertemuan antara pihaknya dengan Dinas Kesehatan Kabupaten TTU sehari yang lalu.

"Kita membantu pemda untuk mensosialisasikan hidup sehat dan lingkungan bersih sehingga dapat mencegah wabah DBD yang saat ini menjadi atensi kita sehingga TTU terhindar dari kejadian luar biasa DBD," ungkapnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi)

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved