Breaking News:

Ungkapan Hati Ketua DPRD Manggarai Timur yang Tergugah Saat Melihat ODGJ Dirawat Anaknya

Ungkapan hati Ketua DPRD Manggarai Timur yang tergugah saat melihat ODGJ dirawat anaknya

Penulis: Aris Ninu | Editor: Kanis Jehola
ISTIMEWA
Ketua DPRD Manggarai Timur, Heremias Dupa saat mengunjungi ODGJ di Kecamatan Rana Mese. 

Ungkapan hati Ketua DPRD Manggarai Timur yang tergugah saat melihat ODGJ dirawat anaknya

POS-KUPANG.COM | BORONG - Hati Ketua DPRD Manggarai Timur, Heremias Dupa tergugah saat melihat Yohana Grestaria Samur (8) atau biasa disapa Grace yang viral dipublikasikan di media massa karena setia merawat ayahnya yang dipasung karena menderita gangguan jiwa di Kampung Waegerek, Lidi, Desa Lidi, Kecamatan Ranamese, Kabupaten Manggarai Timur.

Dupa mengatakan, pada Rabu (26/2/2020) lalu ia diajak Relawan KKI mengunjungi ODGJ dan sambil berbagi kasih berupa beras 100 kilogram, satu papan telur, buku tulis dan pulpen.

Beras Medium Bulog Diminati Masyarakat, 3 Ton Terjual di Pasar Murah

"Saya secara pribadi bukan atas lembaga mengunjungi Ediburga Nalon, seorang warga di pedalaman Manggarai Timur yang di pasung karena menderita gangguan jiwa serta bertemu Grace dan mamanya, Selviana Jemalus di kediaman mereka didampingi relawan Kelompok Kasih Insanis (KKI) Manggarai Timur dan rekan media.

Saya membaca berita dan menonton liputan di media televisi yang mengangkat kisah bocah 8 tahun yang duduk di kelas I Sekolah Dasar yang setia merawat ayahnya yang dipasung. Hati nurani tersentuh kisah bocah perempuan itu sehingga saya berbagi kasih bagi keluarga tersebut," jelasnya kepada wartawan di Kantor DPRD Manggarai Timur, Jumat (6/3/2020) siang.

Membanggakan, Sarjana Fakultas Perikanan dan Kelautan UKAW Persembahkan Bunga Untuk Orangtua

Ia mengaku begitu membaca dan nonton televisi dengan kisah perjuangan anak perempuan tersebut dirinya selalu memikirkan dan mencari waktu yang baik dengan padatnya kesibukan di Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Manggarai Timur untuk mengunjungi keluarga itu sambil berbagi kasih.

"Akhirnya, Rabu, (26/2/2020) bersama relawan KKI menerobos Kali Wae Musur untuk berjumpa dengan keluarga tersebut di pedalaman Manggarai Timur. Saya lakukan berbagi kasih atas niat pribadi untuk membantu keluarga itu serta memberikan semangat bahwa ada banyak orang baik yang menolong keluarga ini. Keluarga ini tidak sendirian untuk merawat anggota keluarga yang di pasung karena menderita gangguan jiwa. Saya baca diberita bahwa ayahnya Grace sudah di pasung 8 tahun di dapur di rumah keluarganya," ungkapnya.

Dupa memberikan pesan spirit untuk membantu sesama yang alami derita gangguan jiwa dan tergolong rentan terus dilakukan di seluruh Manggarai Timur karena mereka juga warga Manggarai Timur yang patut diperhatikan dengan prioritas.

"Saya butuh data dari relawan KKI dan instansi terkait di Kabupaten Manggarai Timur agar lembaga DPRD memberikan perhatian bagi warga yang rentan karena derita yang dialami," jelasnya.

Dupa mengatakan, dirinya akan meminta siap Dinas Sosial untuk meminta data bagi penanganan Orang Dengan Gangguan Jiwa di Manggarai Timur untuk dibawa ke Panti Renceng Mose Ruteng.

"DPRD Manggarai Timur sudah menganggarkan dana di APBD 2020 bagi penanganan ODGJ yang siap dirawat di Panti Renceng Mose Ruteng. Saya ingin mengetahui sejauhmana pelaksanaan APBD 2020 di Dinas Sosial untuk penanganan ODGJ yang dirawat di Panti Renceng Mose Ruteng," jelasnya.

Dupa menjelaskanya, dirinya sudah melihat dan merasakan langsung warga Manggarai Timur yang di pasung karena menderita gangguan jiwa dan mendengarkan kisah keluarga dengan berbagai dampak sosial yang dialami. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu)

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved