Dirjen PAUD Replikasi PAUD HI di 100 Kabupaten dan Kota di Seluruh Indonesia

Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini ( Dirjen PAUD), Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, pada tahun 2020 ini

Dirjen PAUD Replikasi PAUD HI di 100 Kabupaten dan Kota di Seluruh Indonesia
ISTIMEWA/Dok pribadi Yahya Ado.
Bupati Kupang, Korinus Masneno bersama peserta foto bersama pada pembukaan Workshop Review Modul Mentoring PAUD HI di Denpasar, Bali tanggal 27 Februari – 1 Maret 2020. 

POS-KUPANG.COM | DENPASAR-- Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini (  Dirjen PAUD), Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, pada tahun 2020 ini, berencana mulai mereplikasi program Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif ( PAUD HI) di 100 Kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur PAUD, Dr. Muhammad Hasbi, pada acara pembukaan Workshop Review Modul Mentoring PAUD HI di Denpasar, Bali tanggal 27 Februari – 1 Maret 2020.

Pemerinta Kota Kupang Sering Terkendala Data Penerima Bantuan Sosial, Begini Sikap Jefri Riwu Kore

Mengutip Rilis yang dikirim Kepala PAUD Sekolah Lapang Manusak, Yahya Ado kepada Pos Kupang dari Denpasar, Bali,  Sabtu (29/2) disebutkan, pada kesempatan ini Hasbi menjelaskan, bahwa program PAUD HI yang dilakukan UNICEF Indonesia bekerjasama dengan Pemerintah Selandia Baru di Kabupaten Bogor dan Kabupaten Kupang, menjadi contoh untuk pelaksaan PAUD berkualitas di seluruh Indonesia.

Menurutnya, pada tahun 2020 ini, pihaknya telah  berencana untuk mereplikasi program PAUD-HI di 100 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

PT Surya Batara Mahkota Cabang Kefamenanu Launching Suzuki XL7

Dirinya  berharap praktek-praktek baik yang telah dilakukan di Bogor dan Kupang bisa diadopsi di seluruh Indonesia.

" Untuk itu kita butuh sebuah modul yang bisa digunakan seluruh Indonesia dengan tetap memperhatikan peran dan perangkat yang telah kita miliki  seperti penilik dan pengawas, serta  tetap melihat keunikan di daerah masing-masing. ”  tutur  Hasbi.

Kegiatan workshop dibuka oleh Bupati Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Drs. Korinus Masneno yang didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kupang, Drs. Imanuel Buan, MM.

Dalam sambutannya, Bupati Kupang menggambarkan tentang Program PAUD HI yang telah dilakukan di Kabupaten Kupang  dengan sistem mentoring.

“Ini merupakan terobosan baru. Sistem mentoring adalah sebuah pendekatan pendampingan yang  dilakukan untuk memastikan pembelajaran di PAUD berjalan sesuai dengan standar kualitas yang lebih baik ,” jelas Korinus.

Hadir dalam workshop tersebut, Kepala Kantor Perwakilan UNICEF NTT dan NTB Yudhistira Yewangoe, bunda PAUD kabupaten Kupang, Damaris Masneno, para pelatih PAUD Nasional, perwakilan UNICEF Jakarta, Perwakilan dari Direktorat PAUD, akademisi dari Universitas Nusa Cendana, serta utusan mentor dan staf lapangan Yayasan Alfa Omega Kupang.

Yudhistira mewakili UNICEF Indonesia memberi apresiasi yang tinggi atas dukungan dan kerjasama yang telah diberikan, baik oleh pemerintah Selandia Baru sebagai donor, Pemerintah Indonesia dalam hal ini Direktorat PAUD, dan khususnya pemerintah kabupaten Kupang sebagai target implementasi program ini, serta para mitra dan semua pihak yang terlibat.

“Kami  memberi apresiasi setinggi-tingginya kepada  semua pihak atas dukungan dan  kerjasama yang telah diberikan dalam rangka mendukung terlaksananya program ini sejak empat tahun lalu. Dengan adanya workshop modul mentor ini, berarti kita semua berkomitmen melanjutkan program ini hingga berdampak lebih luas bagi anak-anak di seluruh Indonesia,” tutup Yudhistira. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Edi Hayong)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved