Religi

Pemuda Katolik Jangan Jadi Kelompok Eksklusif Harus Bangun Jejaring dengan Komunitas Lain

Modeator Pemuda Katolik Komisariat Cabang Lembata, Romo Blasius Kleden, meminta Pemuda Katolik kelompok yang tidak ekslusif.

Pemuda Katolik Jangan Jadi Kelompok Eksklusif Harus Bangun Jejaring dengan Komunitas Lain
Ricardus Wawo
HUT ke-17 Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lembata 1 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ricko Wawo

POS-KUPANG.COM|KUPANG - Modeator Pemuda Katolik Komisariat Cabang Lembata, Romo Blasius Kleden, meminta para anggota Pemuda Katolik tidak menjadikan wadah tersebut sebagai kelompok yang ekslusif dan tertutup.

Katolik itu berkarakter umum dan tidak ekslusif untuk dirinya sendiri.

"Kelompok ini tidak jadi kelompok eksklusif tapi dalam terang roh membangun jejaring dan berpikir positif dengan orang lain dalam hidup bersama," ungkap Romo Blasius saat membuka Masa Penerimaan Anggota dan Musyawarah Komisariat Anak Cabang, Kecamatan Nubatukan di Aula Puri Mutiara, Sabtu (22/2).

Ramalan Zodiak Keuangan Hari Ini Selasa 25 Februari 2020 Gemini Tak Stabil Libra Disandera Tagihan

Romo Blasius, mengatakan, konsep 'Pro Ecclesia et Patria, Pro Bono Publico' yang menjadi matra khas kelompok Pemuda Katolik dalam konteks kehidupan di Kabupaten Lembata.

Dalam konsep tersebut, katanya, termaktub tiga tugas anggota Pemuda Katolik sebagai imam, nabi dan raja.

"Ini tugas organisasi. Harus ada persesuaian antara kenyataan dan intelektual. Bangun diskusi yang baik dan jangan gegabah.
Bangun pemikiran yang konstruktif," pesan Romo Blasius.

Tamu Kita: Robert HP Sianipar: Ubah Image Jadi ASN

Bergabung dalam organisasi Pemuda Katolik, tambah Romo Blasius, bisa melatih karakter kepemimpinan dalam diri para pemuda.

"Jangan mimpi duduk di dewan kalau belum alami kehidupan organisasi seperti ini. Belajar untuk rendah hati dan mendengarkan. Kita dipanggil untuk tugas gereja. Membangun persekutuan dan pelayanan serta pewartaan," tegasnya.

Kepada para anggota Pemuda Katolik Lembata, Romo Blasius, meminta mereka bisa memberi pencerahan yang baik di kalangan orang muda supaya menjaga diri dari narkoba,
HIV/AIDS yang seringkali mengancam kehidupan para pemuda.

Halaman
12
Penulis: Ricardus Wawo
Editor: Apolonia Matilde
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved