NTT Jadi Prioritas Operasi TNI AD

Provinsi Nusa Tenggara Timur ( NTT) selain menjadi pusat perhatian dan pembangunan pemerintah pusat, juga jadi prioritas operasi TNI AD

NTT Jadi Prioritas Operasi TNI AD
POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Danrem 161 Wirasakti Kupang Brigjen TNI Syaiful Rahman S.Sos 

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Provinsi Nusa Tenggara Timur ( NTT) selain menjadi pusat perhatian dan pembangunan pemerintah pusat, juga jadi prioritas operasi TNI AD.

Berdasarkan perencanaan Mabes AD, akan dilaksanakan tiga gelombang Operasi TNI Manunggal Masuk Desa ( TMMD) tahun 2020 dan satu Operasi teritorial oleh Mabes AD di wilayah NTT atau Korem 161 Wirasakti Kupang.

Istimewanya, pelaksanaan operasi TMMD tidak hanya dilakukan di satu kabupaten seperti layaknya di wilayah lain, tetapi diproyeksikan untuk dua kabupaten atau dua wilayah Kodim sekaligus pada satu gelombang operasi TMMD.

NTT Jadi Pusat Perhatian Jokowi, Begini Kata Danrem 161 Wirasakti Kupang

"Tahun ini kita akan laksanakan tiga gelombang operasi TMMD yakni TMMD 107, 108 dan 109. Selain itu, juga akan ada operasi teritorial di bawah mabes TNI di kodim Alor (kabupaten Alor)," ungkap Danrem 161 Wirasakti Kupang Brigjen TNI Syaiful Rahman saat Coffee Morning bersama wartawan di Makorem 161 Wirasakti Kupang pada Senin (17/2/2020) pagi.

Mantan Danrem Antasari ini menjelaskan, gelombang pertama atau operasi TMMD 107 akan dilaksanakan pada bulan Maret dan rencananya dibuka secara resmi pada 16 Maret 2020. Untuk TMMD 107 akan dilaksanakan di dua Kabupaten yakni Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) dan Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU). Sementara itu, untuk operasi teritorial akan dilaksanakan pada bulan Agustus hingga Oktober 2020 di wilayah Kodim Alor Kabupaten Alor.

Ini Target Pembangunan Jalan Provinsi di NTT Tahun 2020

"Di suatu tempat hanya satu kabupaten, kita karena perbatasan selalu diberikan dua kabupaten, satu di perbatasan satu di wilayah lain," kata Brigjen Syaiful.

Ia mengatakan, hal itu menunjukan bagaimana pemerintah memprioritaskan wilayah NTT sebagai wilayah perbatasan, termasuk pimpinan TNI angkatan Darat.

Untuk operasi Teritorial, kata Brigjen Syaiful, dilaksanakan di dua desa di Kabupaten Alor dan langsung berada di bawah komando Mabes TNI AD. Operasi tersebut, dioptimalkan untuk berbagai kegiatan teritorial di wilayah operasi.

"Kita optimalkan kegiatan teritorial di wilayah, yakni ada dua desa di Maritaing. Kita lakukan pembangunan wilayah di Sekitar Maritaing untuk meningkatkan aksesibilitas," jelas Brigjen Syaiful. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong)

Penulis: Ryan Nong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved