Virus Corona

Keinginan Tampung 17 Warga Timor Leste di RSJ Naimata Kupang Harus Ditolak, ke Pulau Natuna Saja

Keinginan Pemerintah Provinsi NTT menampung 17 warga Timor Leste dari Wuhan China di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Naimata haru ditolak

www.tatoli.tl
Keinginan Tampung 17 Warga Timor Leste di RSJ Naimata Kupang Harus Ditolak, Kirim ke Pulau Natuna Saja 

Keinginan Tampung 17 warga Timor Leste di RSJ Naimata Kupang Harus Ditolak, ke Pulau Natuna Saja

POS-KUPANG.COM - Keinginan Pemerintah Provinsi NTT untuk menerima dan menampung 17 warga Timor Leste yang dipulangkan dari Wuhan China di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Naimata Kupang harus ditolak. Sebaiknya tempatkan mereka di Pulau Natuna saja.

Demikian pendapat  Prof. Drs. Feliks Tans, M.Ed., Ph.D, yang disampaikan kepada POS-KUPANG.COM  melalui sambungan telepon, Sabtu (8/2/2020) pagi.

Feliks Tans adalah guru besar Universitas Nusa Cendana ( Undana) Kupang, yang berdomisili di Kelurahan Liliba, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang, sekitar 1 kilometer dari RSJ Naimata.

"Saya takut kita belum siap. Kategori rumah sakit di NTT saja masuk kategori yang jauh dari nilai sempurna. Dengan demikian, jangan sampai niat baik kita membantu Timor Leste akan menjadi bumerang," kata Felix Tans.

Dia juga meragukan disiplin RSJ Naimata dalam mengisolasi warga Timor Leste yang hendak ditampung di sana. Jangan sampai warga yang seharusnya diisolasi dan tidak boleh melakukan kontak langsung dengan warga sekitar tidak dijaga oleh petugas di rumah sakit tersebut.

"Pegawai, misalnya, izinkan para warga Timor Leste itu keluar-masuk RS itu sesuka mereka dengan alasan kunjung keluarga, NTT bisa dibuat susah oleh niat baiknya sendiri karena belum siap secara medis dan budaya."

Feliks Tans juga melihat warga Timor Leste sebagai saudara yang patut ditolong, tetapi karena ini berkaitan dengan penyakit virus corona dari Wuhan China yang sedang mewabah, maka keinginan untuk menampung warga Timor Leste di RSJ Naimata harus ditolak. 

"Negara-negara maju saja kewalahan dalam mengatasi virus corona, apalagi kita NTT yang begini," kata Felix Tans.

Karena itu, dia menyarankan supaya warga Timor Leste yang baru pulang dari China dibawa saja ke Pulau Natuna Besar seperti WNI yang baru pulang dari China. Di sana Indonesia pasti lebih siap untuk menangani persoalan yang berkaitan dengan virus corona maut itu.

Halaman
12
Penulis: Agustinus Sape
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved