Hujan Turun Tidak Normal, Bupati Sumba Barat Minta Warga Loli Tanam Umbi-Umbian

Hujan turun tidak normal, Bupati Sumba Barat minta warga Loli tanam umbi-umbian

POS-KUPANG.COM/Petrus Piter
Bupati Sumba Barat, Drs.Agustinus Niga Dapawole sedang memberikan sambutan pada acara musrenbang Kecamatan Loli, Kamis (6/2/2020) 

Hujan turun tidak normal, Bupati Sumba Barat minta warga Loli tanam umbi-umbian

POS-KUPANG.COM | WAIKABUBAK - Bupati Sumba Barat, Drs. Agustinus Niga Dapawole meminta masyarakat Kecamatan Loli khususnya dan Sumba Barat umumnya memanfaatkan hujan yang terjadi dengan menanam umbi-umbian seperi uni kayu, keladi, ubi jalar, kacang-kacangan dan sayur-sayuran.

Para petani tidak bisa lagi hanya mengandalkan menanam padi sawah karena hujan turun tidak normal. Umumnya sawah di Sumba Barat termasuk di Kecamatan Loli adalah sawah tadah hujan. Saat imi, hampir pasti gagal tanam padi sawah karena hujan tidak turun normal hingga sekarang.

Kanwil Kemenag NTT Gelar Rakerpim Moderasi Beragama Untuk SDM Unggul Rukun dan Sejahtera

Bupati Kabupaten Sumba Barat Drs.Agustinus Niga Dapawole menyampaikan hal itu dalam arahannya ketika membuka musyawarah perencanaan pembangunan tingkat Kecamatan Loli di aula kantor Kecamatan Loli, Kamis (6/2/2020).

Menurutnya, saat ini, para petani jangan hanya mau menanam padi sawah karena hujan turun tidak normal. Karena itu manfaatkanlah lahan yang tersedia dengan menanam keladi, ubi kayu, ubi jalar, kacang-kacangan dan lain-lain.

17 Mahasiswa Timor Leste Batal Dikarantina, RSJ Naimata Tetap Siap, Warga Mulai Resah

Dikatakan, petani tidak bisa lagi hanya mau menunggu hujan, tetapi harus manfaatkan hujan sedikit yang terjadi dengan menanam berbagai tanamam umbi-umbian dan kacang-kacangan yang dapat memberikan hasil nantinya.

Sementara iitu Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sumba Barat, Ir.Amos R.Dida secara terpisah ditemui mengatakan, pihaknya telah mengantisipasi dengan melalui surat Bupati Sumba Barat, Drs.Agustinus Niga Dapawole kepada seluruh camat dan kepala desa agar menggerakan para petani menanam umbi-umbian mengingat sampai saat ini hujan turun tidak normal.

Ia memastikan, petani tahun ini teancam gagal tanam karena hujan turun tidak normal sampai detik ini. Karena itu, ia menghimbau masyarakat memanfaatkan keadaan yang terjadi dengan menanam berbagai unbi-umbian dan kacang-kacangan. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter)

Penulis: Petrus Piter
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved