Kesehatan

Waspada! Gejala Baru Penyakit DBD, Bukan Lagi Ditandai Bintik Merah

Salah satu caranya dengan memahami gejala penyakit DBD sejak dini sehingga bisa diobati sebelum parah.

Waspada! Gejala Baru Penyakit DBD, Bukan Lagi Ditandai Bintik Merah
grid.id
Waspada penyakit DBD tidak ditandi dengan bintik merah 

POS-KUPANG.COM|KUPANG - Nyamuk yang cepat berkembang biak di musim hujan membuat kita wajib waspada dengan penyakit demam berdarah dengue alias (DBD).

Salah satu caranya dengan memahami gejala penyakit DBD sejak dini sehingga bisa diobati sebelum parah.

Ada beberapa hal yang wajib kamu pahami soal gejala penyakit DBD yang ternyata tak lagi ditandai dengan binik merah pada kulit. Kini DBD memiliki gejala baru.

Bau Tubuh Nia Ramadhani Disorot, Istri Ardie Bakrie ke Jessica Iskandar Curhat: Baunya Kecium

Menurut dr Hittoh Fattory SpA, dokter spesialis anak dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Balikpapan, saat ini gejala khas untuk demam berdarah tidak seperti dulu, tidak ada lagi bintik merah di kulit dan sebagainya.

"Itu tidak terlalu terlihat, dan tidak mesti keluar seperti itu," ungkap , dr Hittoh dilansir Grid.ID dari Tribun Kaltim.

Jadi, kata dokter Kittoh menegaskan, gejala khas DBD tidak seperti dulu lagi, yang ditandai timbul bercak-bercak merah di tubuh, atau terjadi pendarahan kulit, atau biasanya pasien mengalami mimisan ditandai keluar darah dari lubang hidung.

Cerpen Sonny Kelen: Ibu, Aku Mencintai-Nya

"Sekarang tidak semua pasien mengalami gejala seperti itu. Jadi kalau demam panas harus sudah dicek dengan laboratorium, karena gejala demam berdarah salah satunya panas tinggi hingga 40 derajat, harus dilakukan observasi di rumah sakit," kata Hittoh.

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkot Balikpapan, Sri Soetantinah, mengatakan hal serupa.

Tantin sapaan Sri Soetantinah, menyebutkan, saat ini gejala demam berdarah tidak seperti dulu, selalu ditandai bintik-bintik merah keluar.

"Indikasinya sudah berubah, intinya semua harus waspada. Termasuk dalam kata siaga. Memang sudah siaga, namun untuk kategori kasus luar biasa ( KLB) belum," kata Tantin.

Ini Loh Puisi-Puisi Edisi Minggu Pos Kupang, Kepoin Yuk!

Halaman
12
Editor: Apolonia Matilde
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved