Di Nagekeo Ada 3 Kasus DBD Selama Januari 2020, Kadinkes: Waspda DBD

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Nagekeo, drg. Ellya Dewi, M.Ph, menyebutkan, jumlah kasus DBD sejak awal Januari yaitu ada 3 kas

Di Nagekeo Ada 3 Kasus DBD Selama Januari 2020, Kadinkes: Waspda DBD
pk/Gordy
Kadinkes Nagekeo, dgr. Ellya Dewi, M.Ph   Area lampiran 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gordi Donofan

POS-KUPANG.COM | MBAY -- Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Nagekeo, drg. Ellya Dewi, M.Ph, menyebutkan, jumlah kasus DBD sejak awal Januari yaitu ada 3 kasus.

Tiga pasien tersebut sudah sembuh yang berasal dari Aeramo, Olaia dan Nangadhero.

"Upaya yang dilakukan Dinkes melalui Puskesmas adalah penyuluhan, PSN, abatisasi dan kerjasama lintas sektor untuk memastikan kebersihan lingkungan," ujar drg. Ellya, kepada POS-KUPANG.COM Jumat (24/1/2020).

drg. Ellya mengingat masyarakat agar selalu waspada terkait Demam Berdarah Dengue (DBD) karena bisa menyerang setiap orang apalagi musim hujan seperti ini.

drg. Ellya menyampaikan cegah DBD mulai dari rumah sendiri seperti periksa tempat penampungan air, jika ada jentik nyamuk, dikuras, dibersihkan dinding nya baru diisi lagi dan semua tempat penampungan air harus ditutup.

Kata drg. Ellya periksa halaman rumah, jika ada barang bekas yang bisa menjadi tampungan air hujan, dikubur atau di loakkan. Jika mempunyai drum atau tempat penampungan air di luar rumah, harus ditutup bisa dengan seng atau papan.

Pilkada 2020 - Hari Ini Batas Waktu KPU Terima Pendaftaran Panitia Ad Hoc

"Jika mempunyai tempat penampungan air yang besar, bisa diberi abate dan itu bisa diminta Puskesmas terdekat, itu gratis," ujar dia.

Ia mengatakan semua masyarakat harus menjadi Jumantik (Juru Pemantau Jentik) di rumah sendiri.

Diharapkan agar jika ada warga atau masyarakat mengalami gejala sakit harus segera berobat ke fasilitas kesehatan.

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved