Berita Pendidikan

Wow! 183 STKIP Citra Bakti Ngada Ikut PLP , Bentuk Sikap Profesional Keguruan

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan ( STKIP) Citra Bakti Ngada mengadakan Pengenalan Lapangan Persekolahan ( PLP) 1.

Wow! 183 STKIP Citra Bakti Ngada Ikut PLP , Bentuk Sikap Profesional Keguruan
Gordi Donofan
Suasana Pembekalan PLP 1 STKIP Citra Bakti Ngada 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gordi Donovan

POS-KUPANG.COM|KUPANG - Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (  STKIP) Citra Bakti Ngada mengadakan pembekalan Pengenalan Lapangan Persekolahan ( PLP) 1.

Kegiatan ini diikuti 183 mahasiswa STKIP Citra Bakti Ngada semester IV.

Pesertanya berasal dari beberapa program studi diantaranya program studi Pendidikan Matematika, Pendidikan IPA, Pendidikan Musik, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) yang akan didistribusikan di Kabupaten Ngada dan Nagekeo.

Ganti Ketua Yayasan Servas Mario, Universitas San Pedro Diharap Lebih Maju

Kegiatan tersebut digelar di Aula STKIP Citra Bakti Ngada, Selasa (21/1).
Kegiatan PLP 1 merupakan muara dari program pendidikan yang telah dihayati dan dialami mahasiswa calon guru di bangku kuliah.

PLP 1 dapat diartikan sebagai suatu program yang merupakan ajang pelatihan untuk menerapkan berbagai pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam rangka pembentukan profesionalisme guru yang sesuai dengan tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni sesuai tuntutan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional.

Pelatih PSM Makassar Dapat Restu Manajemen Untuk Depak Pemain, Siapa Saja Bakal Dilepas Bojan Hodak?

Ketua Panitia kegiatan, Patrisia Wa'u, M.Pd menyampaikan PLP 1 bagi mahasiswa calon guru perlu dilakukan sedini mungkin. Hal ini disebabkan pembentukan sikap profesional keguruan tidak dapat dilakukan dalam waktu sekejap.

"Pengenalan lapangan secara dini dapat dilakukan melalui kegiatan melaksanakan tugas-tugas tertentu ke sekolah tanpa mengurangi penugasan mahasiswa yang mengambil mata kuliah tertentu untuk melakukan observasi di sekolah atau observasi kegiatan pembelajaran di kelas," jelas Patrisia.

Patrisia menyampaikan beberapa tujuan dari pembekalan PLP 1 itu sendiri yaitu; pertama, memahami dan menghayati konsep dasar, arti, tujuan, pendekatan, program, pelaksanaan, monitoring, dan evaluasi PLP 1.

Rumah Abu Tiga Abad Lebih Berdiri di Kota Kupang, Warga Etnis Thionghoa Siap Sambut Imlek

Kedua, mendapatkan informasi tentang situasi, kondisi, potensi, dan permasalahan sekolah yang akan dijadikan lokasi program PLP 1.

Halaman
12
Penulis: Gordi Donofan
Editor: Apolonia Matilde
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved