TRIBUN WIKI: Dermaga Apung Bita Beach Tidak Sekadar Tempat Bersandar Kapal, Tapi

TRIBUN WIKI: Dermaga Apung Bita Beach tidak sekadar tempat bersandar kapal, tapi

TRIBUN WIKI: Dermaga Apung Bita Beach Tidak Sekadar Tempat Bersandar Kapal, Tapi
POS-KUPANG.COM/ROMUALDUS PIUS
Dermaga Bita Beach di Kelurahan Mautapaga, Kecamatan Ende Timur, Kabupaten Ende 

TRIBUN WIKI: Dermaga Apung Bita Beach tidak sekadar tempat bersandar kapal, tapi

POS-KUPANG.COM | ENDE - Semenjak dibangun di tahun 2019 lalu keberadaan Dermaga Apung Bita Beach yang terletak di Kelurahan Mautapaga, Kecamatan Ende Timur, Kabupaten Ende,tidak sekedar menjadi tempat bersandarnya kapal namun lebih dari itu dimanfaatkan warga setempat untuk menjadi lokasi wisata.

Bahkan fungsi dermaga lebih banyak dimanfatkan warga sebagai tempat wisata dibandingkan menjadi tempat bersandarnya kapal padahal fungsi utamanya adalah sebagai tempat bersandarnya kapal motor.

Nelayan Nurdin Jamaludin Minta Pemerintah Pusat Perkuat Penjagaan di Salura dan Rote

Hal ini terlihat dari pantauan POS- KUPANG.COM, Kamis (16/1/2020) tampak sejumlah warga di Kota Ende mendatangi dermaga Bita Beach di pagi hari sekira pukul 05.00 Wita.

Kedatangan warga ke dermaga bukan untuk menunggu kedatangan kapal namun warga ingin menikmati keindahan Pantai Bita Beach dari atas dermaga.

Agung Prasetyo Jadi Kepala Perwakilan BPKP NTT

Berada diatas dermaga apung Bita Beach memang terlihat mengasyikan karena bisa melihat gulungan ombak yang memecahkan diri di pinggir pantai. Selain itu juga seiring dengan perjalanan waktu mata pengunjung dimanjakan dengan terbitnya matahari dari ufuk timur.

Pengunjung juga bisa menikmati panorama gunung meja dari atas dermaga dan tak lupa berfoto dengan latar belakang gunung meja.
Selain itu jika beruntung pengunjung bisa membeli ikan yang dijual oleh para penjual ikan dengan harga yang lebih murah karena langsung dijual di pinggir pantai seusai melaut.

Jadi dengan demikian keberadaan Dermaga Apung Bita Beach saat ini tidak lagi sekedar menjadi tempat bersandarnya kapal namun telah memiliki nilai tambah sebagai distinasi wisata baru di Kota Ende.

Nona Suge,warga Kota Ende mengaku rasanya damai ketika berada di Dermaga Bita Beach karena dirinya bisa menikmati keindahan laut dari atas dermaga.

"Kalau lagi sumpek dengan urusan kerja saya datang ke dermaga untuk sekedar jalan-jalan dan juga menikmati keindahan laut,"kata Nona.

Nona berharap agar pemerintah lebih memberdayakan keberadaan dermaga dengan memasang lampu di agar terang di malam hari sehingga bisa dimanfaatkan warga untuk datang ke dermaga di malam hari.

Selain itu dia mengharapkan kepada pemerintah untuk membuka tempat usaha kuliner di dekat dermaga agar bisa dimanfaatkan warga untuk berbelanja maupun sekedar membeli makan dan minuman ringan.

"Saya rasa saat ini keberadaan dermaga tidak lagi sekedar menjadi tempat bersandarnya kapal namun sudah menjadi lokasi wisata baru di Kota Ende. Hal ini terlihat hampir setiap hari terutama ketika pagi dan sore hari warga mendatangi dermaga untuk menikmati keindahan pantai dari atas dermaga," kata Nona. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Romualdus Pius)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved