Uskup Sensi Ajak Masyarakat Dukung Pembangunan di Nagekeo

Uskup Agung Ende, Mgr. Vincentius Sensi Potokota hadir saat acara ground breaking pembangunan lahan garam baru milik PT. Cheetam Flores Indonesia di

Uskup Sensi Ajak Masyarakat Dukung Pembangunan di Nagekeo
Foto: Pos-Kupang.Com/Gordi Donofan
Uskup Sensi saat acara peletakan batu pertama pembangunan ladang garam baru di Makipaket Kelurahan Mbay II Kabupaten Nagekeo, Selasa (3/12/2019). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gordi Donofan

POS-KUPANG.COM | MBAY -- Uskup Agung Ende, Mgr. Vincentius Sensi Potokota hadir saat acara ground breaking pembangunan lahan garam baru milik PT. Cheetam Flores Indonesia di Makipaket Kelurahan Mbay II Kecamatan Aesesa Kabupaten Nagekeo, Selasa (3/12/2019).

Usai acara adat oleh tokoh adat dan peletakan batu pertama oleh Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do, semua tamu undangan dipersilakan masuk ke dalam tenda acara.

Uskup Sensi pada kesempatan itu menyampaikan, kehadiran dirinya saat itu adalah bentuk dukungan kepada Pemerintah daerah Nagekeo atas kehadiran investasi yang tentu akan berdampak pada kesejahteraan umat di Nagekeo pada umumnya.

Keok di Kandang saat Bentrok Persela Lamongan, Kapten Maung Mengaku Persib Bandung Kurang Siap

Uskup Sensi mengajak agar masyarakat Nagekeo mendukung semua proses pembangunan yang ada di Nagekeo.

"Saya menhimbau kepada msyarakat melalui ungkapan tua adat kita. Karena niat kita sudah pasti berdampak bagi kita. Kita sedikit ada waka untuk menyumbang untuk dunia. Kita akan meproduksi garam kualitas nomor satu. Mari kita masyarakat berusah membahu bersama pimpinan diwilayah ini sungguh-sunggug mendatangkan sejahteraan bagi kita semua," ujar Uskup Sensi.

Sementara itu, Bupati Nagekeo, Johanes Don Bosco Do, mengatakan dengan adanya pembangunan pabrik garam di Kelurahan Mbay II ini dapat menyerap tenaga kerja lokal.
Dan ada dampak bagi warga Nagekeo pada umumnya.

"Kita berharap agar laki-laki dan perempuan bisa mengikuti dalam seluruh proses produksi garam ini.
Tadi sudah katakan bahwa beberapa tahun lalu sudah membantu bersama mendirikan akademi garam. Mereka menjadi pekerja dan menyiapkan petani garam," ungkap Bupati Don.

Ia mengatakan memang agak susah kita membangun kepercayaan. Bahwa industri ini akan membawa kemakmuran bagi masyarakat.

Persib Bandung Terancam Digusur Macan Kemayoran Persija, Ini Klasemen Sementara Liga 1 2019

"Tetapi saya berjanji saya berada di sini untuk bersama-sama kita tetap meyakinkan penduduk masyarakat di sini bawa industri ini akan membawa manfaat bagi mereka juga," ungkap Bupati Don.

Sementara itu, CEO PT. Cheetam Salt Limited, Mr. Andrew Speed, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam membuat proyek ini menjadi kenyataan.

Mr. Andrew menyebutkan butuh lebih dari 9 tahun kerja untuk mendapatkan persetujuan untuk pembangunan ladang garam ini, dan itu hanya mungkin karena dukungan yang kami terima dari semua tingkat pemerintahan, masyarakat setempat dan semua karyawan kami.

BAHAYA !: FIFA Hukum 2 Tim Sepakbola Liga 1 Indonesia Tak Bisa Transfer Pemain, Ini Pelanggaran

"Secara khusus, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Bupati Kabupaten Nagekeo, Uskup Gereja Katolik, bapak Gubernur NTT, Menteri Perindustrian, Bapak Menteri Koordinator Maritim, Menteri Agraria atas dukungan yang diberikan dalam menjadikan ladang garam ini menjadi kenyataan. Terima kasih," ungkap Andrew.

Pantauan POS-KUPANG.COM, hadir dalam acara itu, Bupati Nagekeo, Johanes Don Bosco bersama ibu, Uskup Agung Ende Mgr.Vinsensius Sensi Potokota, SVD, CEO Cheetam Salt Limited Mr.Andrew Speed, Dirjen Pengendalian Pemanfaatan Ruang dan Penguasaan Tanah Budi Situmorang, Perwakilan dari Kementerian Perekonomian Toni Nainggolang, Perwakilan dari Kementrian Kemaritiman dan Investasi Fatma Puspita Sari, Kapolres Ngada AKPB Bayu Andika Adittama, Dandim 1625 Ngada
Letkol Inf.I Made Putra Suartawan, Pimpinan BUMN/BUMD, para pimpinan OPD, tokoh masyarakat, tokoh adat dan undangan lainnya.

Uskup Sensi saat acara peletakan batu pertama pembangunan ladang garam baru di Makipaket Kelurahan Mbay II Kabupaten Nagekeo, Selasa (3/12/2019).
Uskup Sensi saat acara peletakan batu pertama pembangunan ladang garam baru di Makipaket Kelurahan Mbay II Kabupaten Nagekeo, Selasa (3/12/2019). (Foto: Pos-Kupang.Com/Gordi Donofan)
Penulis: Gordi Donofan
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved