Pemkot Kupang Rapat dengan Pihak Ketiga, Ini Penjelasan Wakil Walikota Kupang Herman Man

Pihak Pemkot Kupang Rapat dengan Pihak Ketiga, ini penjelasan Wakil Walikota Kupang Herman Man

Pemkot Kupang Rapat dengan Pihak Ketiga, Ini Penjelasan Wakil Walikota Kupang Herman Man
POS-KUPANG.COM/VINSEN HULER
Rapat Pemkor Kupang dengan pihak ketiga 

Pihak Pemkot Kupang Rapat dengan Pihak Ketiga, ini penjelasan Wakil Walikota Kupang Herman Man

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Pemerintah Kota Kupang ( Pemkot Kupang) menggelar rapat dengan pihak ketiga bertajuk: "Peningkatan Kapasitas Pelayanan Publik Melalui Kerja Sama Daerah."

Rapat ini berawal dari pertanyaan yang disodorkan dari para profesor dan doktor tentang kemungkinan pembangunan di Kota Kupang berbasis Smart Health sehingga bukan hanya IT saja, tetapi pelayanan kesehatan juga smart.

Ruas Jalan Bundaran PU Kota Kupang Digenangi Air, Ini Imbauan Lurah TDM Kepada Warga

"Dari Profesor, Doktor di sana katakan : Bisa nggak pembangunan di Kota Kupang itu berbasis Smart Health. Sebagai contoh Magelang, kecil penduduknya di bawah 200 jiwa tetapi pelayanan kesehatannya smart. Selain IT tetapi mutu pelayanan. Dari ide itulah, kegiatan hari ini kita selenggarakan," pukas Wakil Walikota Kupang, Herman Man dalam kata sambuatannya pada kegiatan yang bertajuk: "Peningkatan Kapasitas Pelayanan Publik Melalui Kerjasama Daerah."

Dikatakan Herman Man, Sekarang kita memasuki masa revolusi industri 4.0 dengan ciri khas yang ditandai antara lain :

Pertama, instan. Segala sesuatu serba instan; semuanya mau instan. Pokoknya semuanya super instan. Pemerintah, masyarakat, pelaku bisnis bisnisman maunya cepat, informasi sekarang juga serba instan.

Kedua, networking, perkembangan dewasa ini networking memiliki kemajuan yang relatif pesat sehingga banyak hotel di dunia ini sudah beralih ke jaringan sebab orang mau move ke mana saja bisa lihat di google maupun traveloka. Kita butuh networking atau jaringan internet dan tidak bisa tidak.

Pendaftaran Peserta Seleksi CPNS di Manggarai Barat Selesai, Panitia Terima Berkas 5.391 Orang

Ketiga, IT. Adanya artifisial berbasis IT. Adanya artifisial intelegencia melalui smart phone: Melalui smart phone kita dapat menerjemahkan seluruh pembicaraan dari bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris dan sebaliknya.

Oleh sebab itu, Kita mau supaya Kota ini maju; kota ini dikategorikan sebagai kota yang cerdas ( Smart City ) berbasis kualitas pelayanan Kota yang lebih hebat sehingga pemerintah Kota NTT hari ini menyelengggarakan kegiatan untuk bagaimana caranya kita dapat bekerjasama, ber-elaborasi, berkolaborasi untuk segera dilakukan secara cepat.

Oleh sebab itu, kita semua hadir di sini satu derajat dalam memakai gadget, bisnisman, comunity, NJO, goverment dalam satu Mileau ( lingkungan pergaulan,) dalam satu tahapan sehingga membentuk kolaborasi yang nyata dan hebat.

Bagi Herman Man, kalo antara yang lebih tinggi dan lebih rendah itu namanya koordinasi dan bukan berkolaborasi.

Menurut Herman Man, kehadiran kita semua di sini merupakan kolaborasi sehingga dapat memberikan gagasan yang baik, fasilitas, aturan-aturan maupun akal sehat untuk bagaimana kita menjalankan kerjasama dengan berbagai pihak dalam berbagai aspek sehingga kedepan yang lebih diprioritaskan adalah ekonomi pelayanan publik.

Bagi Herman, pelayanan publik itu bukan monopoli pemerintah. Meskipun, salah satu tugas pokok pemerintah adalah pelayanan publik, yang mana masyarakatnya tidak bisa berbuat sendiri-sendiri sebagai misal, rumah sakit di kota Kupang ini hanya dua yang merupakan milik pemerintah dan selebihnya dimiliki oleh pihak swasta.

Hal itu mau menunjukan bahwa pelayanan publik dalam bidang kesehatan tidak dimonopoli pemerintah.

Bagaimana para bisnisman, NJO, memberikan masukan, lalu kita jalin dalam sebuah kerjasama you punya hak apa, kami punya hak apa, you punya kewajiban apa, kami punya kewajiban apa dalam bentuk kesetaraan dalam bekerjasama dimana masing-masing pihak saling menghormati, menjaga dan saling menguntungkan dan bukan hanya pemerintah saja yang diutungkan tetapi juga sama-sama saling menguntungkan termasuk orang lain ( masyarakat)," kata Herman Man. (Laporan Reporter Pos-Kupang.Com, Vinsen Huler)

Penulis: PosKupang
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved