BPBD Bantu Tandon Untuk Warga Sebelas Desa di Sumba Timur

Pemerintah Kabupaten Sumba Timur melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumba Timur memberikan bantuan tandon (prof

BPBD Bantu Tandon Untuk Warga Sebelas Desa di Sumba Timur
POS-KUPANG.COM/ISTIMEWA
Masyarakat sedang terima Tandon yang diserahkan oleh Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumba Timur, Simon Petrus. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU,----Pemerintah Kabupaten Sumba Timur melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumba Timur memberikan bantuan tandon (profil tank) untuk penampungan air bagi warga di sebelas Desa di Kabupaten Sumba Timur.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sumba Timur Martina D.Jera, ST menyampaikan itu kepada POS-KUPANG.COM, Selasa (3/12/2019).

Martina didampingi Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sumba Timur, Simon Petrus menjelaskan, tandon yang diberikan untuk sebelas desa itu yakni Desa Pambotanjara di Kecamatan Kota Waingapu, Desa Makamenggit, Desa Tanatuku dan Desa Praihambuli, Desa Praikarang dan Desa Persiapan Mbinudita di Kecamatan Nggoa.

Selain itu Desa Napu, Desa Wunga, Desa Mbatapuhu dan Desa Persiapan Matawai Pandangu di Kecamatan Haharu dan Desa Persiapan Palindi Tanabara di Kecamatan Kanatang.

Martina menjelaskan setiap Desa mendapatkan masing-masing 1 unit tandon dengan ukuran 2.200 liter air. Dana untuk bantuan tandon itu bersumber dari dana siap pakai (DSP) BNPB tahun anggaran 2019.

"Jadi kemarin, Senin (2/12/2019) kita sudah kasih bantuan tandon empat unit di Desa Pambotanjara, Desa Makamenggit, Desa Tanatuku dan Desa Praihambuli. Hari ini diberikan di desa Napu, Desa Wunga, Desa Mbatapuhu dan Desa Persiapan Matawai Pandangu, rencananya besok kita akan serahkan di Desa Palindi Tanabara, Desa Persiapan Mbinudita dan Desa Praikarang sekaligus rencana pendropingan air bersih juga bagi warga disana,"jelas Martina.

Martina juga menjelaskan, tandon yang diberikan kepada sebelas desa tersebut merupakan desa yang kesulitan air bersih pada setiap musim kemarau. Tandon yang diberikan itu nantinya akan digunakan untuk mengisi air setiap kali pendropingan air bersih dari BPBD.

"Selama ini kesulitan kita droping air isi di jerigen dan drum, tapi kalau adanya tandon ini kita akan droping air dan isi di tandon itu selanjutnya masyarakat bagi-bagi. Kita berharap agar tandon itu dijaga baik-baik oleh Pemdes dan masyarakat sehingga bisa lama terpakai,"jelas Martina.(*)
Area lampiran

Penulis: Robert Ropo
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved