Rapat di Komisi II DPR, Tito Karnavian Sampaikan Solusi Kekurangan Anggaran Blanko e-KTP

Rapat di Komisi II DPR, Tito Karnavian sampaikan solusi kekurangan anggaran Blanko e-KTP

Rapat di Komisi II DPR, Tito Karnavian Sampaikan Solusi Kekurangan Anggaran Blanko e-KTP
KOMPAS.com/Haryantipuspasari
Komisi II DPR rapat kerja bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (28/11/2019). 

Rapat di Komisi II DPR, Tito Karnavian sampaikan solusi kekurangan anggaran Blanko e-KTP

POS-KUPANG.COM | JAKARTA - Komisi II DPR menggelar rapat kerja bersama Menteri Dalam Negeri ( Mendagri) Tito Karnavian di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Dalam rapat itu, Tito mengungkapkan, pihaknya sudah menemukan solusi dari kekurangan anggaran terkait pengadaan blanko KTP elektronik atau e-KTP untuk tahun 2019.

Jelang Natal dan Tahun Baru Polri Ingatkan Ancaman Pidana bagi Pedagang Timbun Bahan Pokok

Tito mengatakan, Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Askolani menyatakan Kemendagri tetap menggunakan dana yang sudah dialokasikan.

Kemudian, bisa mengajukan penambahan anggaran ke Kemenkeu sesuai kebutuhan. "Kemarin dengan dirjen anggaran, silakan gunakan anggaran dulu yang sudah dialokasikan untuk blangko di awal tahun. Tapi masuk bulan ketiga silakan diajukan kebutuhan mau berapa, dan berusaha akan dipenuhi oleh Kemenkeu," kata Tito.

Yeri Sebut Usia Truk Sampah Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kota Kupang Sudah Menua

Tito menceritakan, akar dari permasalahan kekurangan anggaran pengadaan blangko e-KTP adalah trauma para jajaran di Kemendagri atas kasus e-KTP.

Sehingga, Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) takut mengajukan anggaran.

"Jujur pak, kami melihat temen-temen di kemendagri terutama dukcapil dan kesekjenan, ada rasa trauma dengan kasus e-KTP itu. Sehingga nyaris lama. Nanti ngajukan anggaran diperiksa lagi," ujarnya.

Tito mengatakan, pihak dari Kemenkeu sangat berhati-hati terkait anggaran e-KTP. Selaku Mendagri, Tito mengatakan, sudah mendorong Sekretaris Jenderal Kemendagri Hadi Prabowo dan Dukcapil Zudan Arif Fakhrullah untuk menghilangkan trauma tersebut.

"Saya sampaikan ke staf, saya apresiasi, semenjak masuknya Plt Pak Hadi, Pak Zudan sebagai dirjen, ini sudah running lagi. Trauma itu sudah mulai terhapuskan," ucapnya.

Halaman
12
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved