Siswa Curi HP di Manggarai

Ini Penjelasan Guru Konseling SMPN 1 Langke Rembong Soal Anak Dibawah Umur Terlibat Kasus Pencurian

Barang bukti 4 buah HP yang diamankan yaitu satu buah HP merk OPPO A57 warna hitam, dua buah HP merk Lenovo

Ini Penjelasan Guru Konseling SMPN 1 Langke Rembong Soal  Anak Dibawah Umur Terlibat Kasus Pencurian
istimewa
PELAKU-Pelaku pencurian HP di Kota Ruteng, Manggarai sedang berada di Polres Manggarai bersama Tim Jatanras Polres Manggarai, Sabtu (23/11/2019) malam usai penangkapan. 

Ini Penjelasan Guru Konseling SMPN 1 Langke Rembong Soal Fenomena Anak Dibawah Umur Terlibat Kasus Pencurian

POS-KUPANG.COM|RUTENG--Ety Empang, Guru Konseling SMPN 1 Langke Rembong, Manggarai mengaku prihatin anak-anak dibawah di Kota Ruteng, Manggarai terlibat dalam kasus pencurian hand phone (HP).

Ety yang dihubungi POS-KUPANG.COM di Ruteng, Sabtu (23/11/2019) sore menjelaskan, maraknya anak-anak yang berstatus pelajar atau remaja melakukan perbuatan mencuri karena beberapa faktor.

"Faktor pertama, anak remaja suka melihat remaja lain misalnya kenala dia bisa ada HP saya tidak bisa. Lalu memaksa diri ada HP dengan melakukan perbuatan tidak terpuji. Faktor melihat di kalangan remaja ini rentan membuat anak remaja memaksa diri memaksa diri punya barang tapi tidak melihat keadaan orangtuanya," kata Ety.

Faktor kedua, lanjut Ety, bisa saja karena kurang kontrol dan pengawasan dari orangtua dan wali.

"Kalau remaja tinggal kos perlu pengawasan pemilik kos. Maka itu, perlu pengawasan ketat," papar Ety.

Faktor ketiga, ujar Ety, anak remaja biasanya saling ejek kalau ada temanya punya barang ia.

"Faktor tersebut bisa membuat anak remaja melakukan tindakan tidak benar dan merusak masa depan.Maka perlu pengawasan dan pengendalian diri bagi anak remaja," tutur Ety.

Sebelumnya, Tim Jatanras Polres Manggarai dibawah pimpinan Kanit Jatanras Polres Manggarai, Bripka Deny CH. Lelang, Jumat (22/11/2019) malam meringkus tiga pelaku pencurian handphone (HP) di Kota Ruteng.

Ketiga pelaku pencurian yang diringkus yakni AN (17 ), warga Rowang, Kelurahan Rowang, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, AR (18), warga Bonar, Desa Lenggor, Kecamatan Rahong Utara dan FAD (17), warga Bonar, Desa Lenggor, Kecamatan Rahong Utara.

Kapolres Manggarai, AKBP Mas Anton Widyodigdo, S.H, SIK melalui Kasat Reskrim, AKP Satria Wira Yudha, SIK kepada POS-KUPANG.COM di Ruteng, Sabtu (23/11/2019) siang menjelaskan, penangkapan Ketiga pelaku pencurian bermula dari sekitar pukul 12.00 wita, Unit Jatanras Polres Manggarai mendapat informasi dari Bhabinkamtimas Kelurahan Waso, Brigpol Theodorus Angkat yang telah mengamankan seorang anak yang dicurigai sebagai pelaku pencurian HP berinisial AN di rumah Martinus Jaha di Rowang.

"Berdasarkan informasi tersebut Unit Jatanras Polres Manggarai melakukan penyelidikan dan sekitar pukul 14.30 wita berhasil menangkap kedua pelaku lagi yakni AR dan FAD di Bonar, Desa Lenggor, Kecamatan Rahong Utara, Kabupaten Manggarai. Barang bukti 4 buah HP yang diamankan yaitu satu buah HP merk OPPO A57 warna hitam, dua buah HP merk Lenovo dan satu buah HP Xiomi," kata Kasat Wira.

Hasil introgasi terhadap ketiga pelaku pencurian, ujar Kasat Wira, aksi pencurian tiga buah HP merk OPPO A57 warna hitam, satu buah HP merk Lenovo dan satu buah HP Xiomi yang dilakukan oleh ketiga pelaku tersebut sekitar dua minggu lalu yang dilakukan di kos milik Siprianus Mahu di Waso Bea, Kelurahan Waso, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai..

Dirjen SDA Kunjungi Bendungan Raknamo Belum Berjalan Optimal

Ustadz Yusuf Mansur Kaget Seorang Motivator Terkenal Percaya Hoax Dirinya Soal Pelaporan Sukmawati

"Untuk satu buah HP merk Lenovo diambil di Kampung Tenda, Kelurahan Tenda, Langke Rembong, Kabupaten Manggarai. Saat ini, ketiga pelaku pencurian tersebut telah diamankan di ruangan Unit Pidum Satuan Reskrim Polres Manggarai guna dilakukan penyelidikan lanjutan," papar Kasat Wira.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu)

Penulis: Aris Ninu
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved