Sidang Raya PGI XVII

Menteri Yasonna Laoly Buka Kegiatan Sidang Raya PGI KE-XVII di Waingapu, Sumba Timur

Menteri Yasonna Laoly Buka Kegiatan Sidang Raya PGI KE-XVII di Waingapu, Sumba Timur

Menteri Yasonna Laoly Buka Kegiatan Sidang Raya PGI KE-XVII di Waingapu, Sumba Timur
POS-KUPANG.COM/Robert Ropo
Menkumham RI, Yasonna Hamonangan Laoly sedang membuka kegiatan sidang raya PGI dengan memukul gong 

Menteri Yasonna Laoly Buka Kegiatan Sidang Raya PGI KE-XVII di Waingapu, Sumba Timur

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU - Sidang raya PGI Ke-XVII di Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Provinsi NTT resmi dibuka.

Pembukaan sidang raya tersebut berlangsung di lokasi wisara bukit savana Puru Kambera, di Desa Hambapraing, Kecamatan, Kanatang, Jumat (8/11/2019).

Sidang raya itu dibuka oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Menkumham RI), Yasonna Hamonangan Laoly dengan memukul gong.

Disebut Kepergok Selingkuh Dengan Oknum Perwira Polda Bali, Ini Penjelasan Mami IV

Hadir dalam kegiatan pembukaan sidang raya itu, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Ketua Komisi III DPR RI, Herman Hery bersama anggota DPR RI, Ketua DPRD Propinsi NTT, Emi Nomleni, Wakapolda NTT, Brigjen Pol Drs. Johni Asadoma, Bupati Sumba Timur Gidion Mbilijora, Wakil Bupati Sumba Timur, Umbu Lili Pekuwali.

Bupati Sumba Barat Daya, Kornelius Kodi Mete, Bupati Sumba Barat Agustinus Niga Dapawole, Bupati Sumba Tengah Paulus SK Limu, Wakil bupati Sigi Paulina, Ketua DPRD Sumba Timur, Ali Oemar Fadaq, pimpinan dan perwakilan tokoh agama dan tokoh masyarakat, Ketum PGI Pdt. Dr. Henriette Tabita Hutabarat-Lebang, Sekum PGI Pdt. Gomar Gultom, S.Th bersama para pendeta Pimpiman dari 90 Sinode dan 29 PGIW, Pimpinan Forkompimda, para pejabat dan Tamu undangan lainya, serta belasan ribu para jemaat dan umat beragama lain.

Kisah Orlando: Pelaut Amerika yang Terdampar di Lembata dan Upaya Merajut Mimpinya Kembali

Menteri Yasonna berpakian adat Sumba Timur lengkap seperti Rato (Raja) saat sampai di lokasi sidang raya tersebut, dikalungi selempang dan diterima dengan sapaan adat atau dalam bahasa Sumba Timur panggara taungu dan juga kolaborasi tarian adat Sumba Timur dengan pekikan kakalak dan kayaka.

Selanjutnya dilakukan ibadat bersama, ibadat bersama itu dipimpin oleh Ketua Umum Sidone GKS, Pdt. Alfred Samani dan Pdt.Andreas Ndapa Tamu.
Sedangkan Penabhisan sidang Raya PGI Ke-XVII langsung oleh ketum PGI, Pdt. Dr. Henriette Tabita Hutabarat-Lebang. Dalam perayaan ibadat bersama itu juga diselingi dengan pertunjukan drama/teater oleh para jemaat.

Usai ibadat bersama, juga dilakukan sejumlah pertunjukan berupa tarian kolosal Manandang Paori Sumba Timur yang dipertunjukan oleh 300 pelajar, dan tarian kataga asal Sumba Tengah yang dipertunjukan oleh 300 pelajar, parade kuda dan sejumlah acara lainya kemudian diakhiri pemberian tali asih seekor Kuda Puti jantan dari GKS untuk Presiden Jokowi yang diterima oleh Menteri Yasonna. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo)

Penulis: Robert Ropo
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved