Pilkada Belu, Calon Independen Belum Nampak, KPU Keluarkan Syarat Dukungan

Jelang Pilkada Belu, Calon Independen belum nampak, KPU keluarkan syarat dukungan

Pilkada Belu, Calon Independen Belum Nampak, KPU Keluarkan Syarat Dukungan
POS KUPANG/TENY JENAHAS
Ketua KPU Kabupaten Belu, Mikhael Nahak 

Jelang Pilkada Belu, Calon Independen belum nampak, KPU keluarkan syarat dukungan

POS-KUPANG.COM | ATAMBUA - Dinamika Pilkada Belu mulai terlihat sejak para bakal calon mendaftarkan diri ke partai politik.

Rata-rata bakal calon yang ingin bertarung pada Pilkada Belu 2020 menaruh harapan di partai politik ketimbang independen atau perseorangan. Buktinya, sampai saat ini, bakal calon independen belum terlihat pergerakannya.

Komisis Pemilihan Umum ( KPU) Kabupaten Belu sudah mengerluarkan Surat Keputusan (SK) terkait syarat minimal dukungan bagi calon independen.

Cara Pastor Paroki Thomas Morus Maumere dan Seksi PSE Motivasi Penyandang Disabilitas

Ketua Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kabupaten Belu, Mikhael Nahak saat dikonfirmasi Pos-Kupang.Com, Sabtu (2/11/2019) mengatakan, KPU sudah mulai berposes untuk calon independen yakni mengeluarkan SK terkait syarat minimal dukungan bagi calon independen. KPU sudah menerbitkan SK tersebut tanggal 26 Oktober 2019.

Jumlah minimal dukungan calon independen di Kabupaten Belu sebanyak 13.224 dukungan yang dibuktikan dengan fotokopi KTP.

Festival SMK/SMA Swasta, Winston Rondo Sebut Sudah 35 Sekolah yang Mendaftar

"Jumlah dukungan 10% dari DPT terakhir. DPT terakhir kita 134.123 sehinga minimal syarat dukungan 13.224", kata Mik.

Menurut Mik, dari Januari-Maret merupakan tahapan penyerahan syarat dukungan calon independen untuk selanjutnya diverifikasi faktual dan penetapan calon independen Juni 2020.

Dalam pilkada Belu 2020, KPU merancang empat paket calon rincian, tiga paket calon melalui jalur partai politik dan satu paket independen. Sejauh ini, belum ada paket calon independen yang berkonsultasi dengan KPU. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Teni Jenahas)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved