Lihat! Warga Perbatasan RI-RDTL Berkumpul di Hadapan TNI, Ternyata Ini yang Dilakukan

Lihat! Warga Perbatasan RI-RDTL berkumpul di hadapan TNI, ternyata ini yang dilakukan

Lihat! Warga Perbatasan RI-RDTL Berkumpul di Hadapan TNI, Ternyata Ini yang Dilakukan
POS-KUPANG.COM/Teni Jenahas
Personil Pos Lookeu Satgas Pamtas Yonif 142/KJ Pos memperkenalkan barang hasil kerajinan tangan kepada warga perbatasan di di Dusun Khaulakalik, Desa Lookeu, Kecamatan Tafesito Barat Kabupaten Belu. 

Lihat! Warga Perbatasan RI-RDTL berkumpul di hadapan TNI, ternyata ini yang dilakukan

POS-KUPANG.COM | ATAMBUA - Belasan warga di perbatasan RI-RDTL, laki-laki dan perempuan duduk di tanah beralaskan tikar sambil menghadap ke arah dua personil TNI.

Tampak dua personil TNI berdiri di hadapan warga. Di tengah keduanya ada satu kursi plastik biru yang di atas kursi itu tersimpan sesuatu barang.

Tubuh Ibu Rumah Tangga Ditikam 8 Kali Pria Berjaket Hitam Kenakan Penutup Wajah, Info

Ternyata kehadiran warga saat itu untuk mengikuti kegiatan dari Satgas Pamtas Yonif 142/KJ Pos Lookeu di bidang Binter Satnonkowil. Dalam kegiatan ini, personil Pos Lookeu yang dipimpin Serda Erik Wijaya memperkenalkan barang hasil kerajinan tangan TNI.

TNI memperkenalkan dua jenis hasil kerajinan tangan yang dibuat dari bambu yakni, gelas minum dan tempat simpan sendok makan.

Tiket Mulai Dijual Kamis, Persib Bandung Lawan PSIS Semarang di Stadion Si Jalak Harupat, Info

TNI berinisiatif memperkenalkan hasil kerajinan tangan agar masyarakat di perbatasan bisa menirunya. Apalagi bahan bakunya adalah bambu yang rata dimiliki masyarakat. Kemudian, cara pembuatan tidak sulit dan tidak membutuhkan waktu lama. TNI mengedukasi masyarakat agar potensi yang ada di wilayah perbatasan bisa dikembangkan menjadi barang bernilai ekonomis seperti yang diperkenalkan TNI saat itu.

Dansatgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ, Letkol (Inf) Ikhsanudin, S.Sos.,M.M kepada wartawan (30/10/2019) mengatakan, personel Pos Lookeu Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ melaksanakan kegiatan di Dusun Khaulakalik, Desa Lookeu, Kecamatan Tafesito Barat Kabupaten Belu.

Personil Pos Lookeu memperkenalkan beberapa jenis barang hasil kerajinan tangan TNI. Produk kerajinan ini perkenalkan kepada masyarakat sebagai motivasi dan edukasi agar masyarakat mampu membuatnya.

Menurut Dansatgas, tanaman bambu di wilayah Lookeu cukup banyak. Bambu tidak hanya dipakai sebagai bahan bangunan tetapi juga bisa diolah menjadi barang lain yang bernilai ekonomis seperti gelas, tempat simpan sendok, kursi dan barang lainnya. Kali ini TNI mencoba mengajarkan warga untuk membuat barang kerajinan tangan yang lebih sederhana seperti gelas minum dan tempat simpan sendok.

Dua jenis kerajinan tangan ini jika dikerjakan dengan sungguh-sungguh dan ulet bisa menghasil karya seni yang dapat menghasilkan uang. Personil Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ bersedia memberikan bimbingan manakala masyarakat memiliki niat untuk berusaha.

Kepala Dusun Khaulakalik, Finsen Lao yang hadir saat itu merasa tertarik dengan pengetahuan yang diberikan TNI. Pasalnya, hasil kerajinam tangan yang diperkenalkan TNI itu bisa dibuat oleh warga namun karena selama ini warga belum mulai mencoba.

Finsen menyampaikan terima kasih kepada personil Pos Lookeu yang sudah memberikan pengetahuan dan berbagi pengalaman kepada masyarakat. Warga akan mencoba membuat brang kerajinan tangan seperti yang diajarkan TNI. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Teni Jenahas)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved