PDGI Cabang Flores Adakan Kegiatan BKGN di Ngada,

Konsumsi sayur dan buah serta gizi seimbang. Cuci tangan setelah beraktivitas dan setelahh dari toilet, buang sampah pada tempatnya

PDGI Cabang Flores Adakan Kegiatan BKGN di Ngada,
POS KUPANG/ISTIMEWA
Suasana saat kegiatan BKGN oleh PDGI Cabang Flores di Sekolah Dasar yang ada di Bajawa Kabupaten Ngada, Jumat (11/10/2019). 

PDGI Cabang Flores Adakan Kegiatan BKGN di Ngada, Berikut Liputannya!

POS-KUPANG.COM | BAJAWA -- Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) cabang Flores melaksanakan kegiatan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BGKN).

Kegiatan BKGN serentak dilaksanakan diseluruh daerah di Indonesia dan diikuti oleh sejumlah dokter gigi yang tergabung dalam anggota PDGI cabang Flores.

PDGI cabang Flores melaksanakan aneka kegiatan di beberapa Sekolah Dasar (SD) yang ada wilayah Bajawa Kabupaten Ngada, Jumat (11/10/2019).

Aneka kegiatan saat BKGN oleh PDGI diantaranya, penyuluhan dalam kelas tentang kesehatan mulut dan gigi, cara menyikat gigi yang baik dan benar, pembagian sikat gigi dan pasta, sikat gigi bersama, pemeriksaan indeks karies gigi serta senam sehat.

Ketua PDGI Cabang Flores, drg. Agustinus Putu Andreastra, menjelaskan, kegiatn BKGN atau bulan kesehatan gigi nasional dilksanakan serentak di seluruh Indonesia pada bulan Oktober dan November.

"PDGI cabang Flores mempunyai cakupan wilayah dari Manggarai Barat sampai Lembata. Alasan memilih Ngada karena angka kesehatan gigi dan mulut masih rendah dan fokus kita kali di 7 SD. SD Sobo, Rakalaba, Late, Bomari, Ngedubgha, Waruwaja, Turekisa," ujar drg. Agustinus.

drg. Agustinus menjelaskan memeilihara kesehatan gigi dan mulut harus dibangun dari usia dini.
Wajib menyikat gigi 2 kali sehari, pagi setelah makan dan malam sebelum tidur adalah waktu yang paling tepat. Serta dengan teknik yang tepat.

"Tetap melaksanakan 7 kebiasaan sehat. Sikat gigi pagi dan malam. Menggunakan air minum yang bersih. Meggunakan jamban yang sehat. Konsumsi sayur dan buah serta gizi seimbang. Cuci tangan setelah beraktivitas dan setelahh dari toilet, buang sampah pada tempatnya, mengkonsumi jajan yang tepat," jelas drg. Agustinus.

drg. Agustinus mengharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dan upaya promotif serta preventif terus ditingkatkan.

Sehingga sejak dini mereka paham apa yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Karena itu sangat penting sekali dalam kehidupan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

"Semaga dengan program BKGN ini bisa menndekatkan pelayanan kesehatan terutama promotif dan preventif kepada anak-anak peserta didik ditingkat SD/SMP/SMA serta kegiatan ini terus berkelanjutan demi peningkatan derajat kesehatan," ungkap drg. Agustinus.

drg. Agustinus juga berharap agar peran lintas sektor juga sangat penting dalam mendukung program kesehatan. Sehingga semuanya bisa bergandengan tangan dan bisa mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

Menteri Jonan Kabulkan Semua Permintaan Bupati Lembata

Desa Kojadaoi dari Sikka Raih ISTA 2019 Kementarian Pariwisata dan Kebudayaan RI

BREAKING NEWS : Di Ngada Rumah Milik Gregorius Ludes Terbakar, Simak Liputannya!

"Libatkan lintas sektor juga dengan dukungan peran aktif mereka untuk sektor kesehatan," pungkas drg. Agustinus.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gordi Donofan)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved