BREAKING NEWS: TNI Gagalkan Penyelundupan 280 Liter BBM di Perbatasan NTT-Timor Leste

Aparat TNI Gagalkan penyelundupan 280 liter BBM di wilayah perbatasan NTT-Timor Leste

BREAKING NEWS: TNI Gagalkan Penyelundupan 280 Liter BBM di Perbatasan NTT-Timor Leste
POS-KUPANG.COM/TENI JENAHAS
Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Pos Nunura menggagalkan penyelundupan bahan bakar minyak (BBM) yang diduga hendak diselundupkan negara Timor Leste, Rabu (9/10/2019). 

Aparat TNI Gagalkan penyelundupan 280 liter BBM di wilayah perbatasan NTT-Timor Leste

POS KUPANG.COM| ATAMBUA - Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Pos Nunura menggagalkan penyelundupan bahan bakar minyak (BBM) yang diduga hendak diselundupkan negara Timor Leste, Rabu (9/10/2019).

Personil Pos Nunura berhasil menggagalkan penyelundupan BBM tersebut di Desa Tohe, Kecamatan Raihat, Kabupaten Belu, Provinsi NTT.

TNI menemukan delapan jeriken berwarna biru dengan kapasitas 35 liter sehingga diperkirakan keseluruhan BBM tersebut mencapai 280 liter.

Kebakaran di Oesapa Kupang, Sepuluh Menit Dua Kios di Pohon Duri Ludes Terbakar

Dansatgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ, Letkol (Inf) Ikhsanudin, S.Sos.,M.M kepada wartawan, Rabu (9/10/2019) mengatakan, penggagalan BBM tersebut terjadi saat personil Pos Nunura melaksanakan patroli yang disebut "pengendapan" di sepanjang garis batas negara.

Kegiatan pengendapan ini dilaksanakan setelah mendapat informasi dari masyarakat tentang aksi penyelundupan di wilayah perbatasan. Mendapat informasi itu, Danpos Nunura Letda (Inf) Irawan Yudhi Prasetyo bersama anggota enam orang melakukan penggedapan di lokasi sasaran.

Tiga Pelaku Kasus Penganiayaan Polisi Dipindahkan ke Rutan Kupang

Sebelum penggedapan, Danpos memberikan briefing sekaligus  pembagian tugas kepada personil menuju titik-titik sasaran. Setiba di lokasi sasaran, TNI melihat timbunan dahan dan ranting-ranting pohon yang mencurigakan di tengah hutan. Lalu prajurit TNI mengecek guna memastikan timbunan tersebut.

Setelah dicek, personel Pos Nunura menemukan delapan jeriken berwarna biru berkapasitas 35 liter. Dalam jeriken tersebut berisi BBM premium/bensin dengan total keseluruhan diperkirakan 280 liter. Personil melakukan penyisiran lagi di sejumlah titik namun tidak ada temuan lagi.

Dalam kegiatan pengendapan ini juga, personil Pos Nunura tidak menemukan pemilik barang. TNI menyisir di sekitar lokasi namun tidak ditemukan. TNI mengamankan barang bukti di Pos Nunura, dan dilaporkan lebih lanjut kepada komando atas.

Letkol Ikhsanudin mengatakan, keberhasilan dalam menggagalkan penyelundupan merupakan bentuk keseriusan Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ dalam melaksanakan tugas. Satgas terus melakukan upaya penggagalan penyelundupan di batas negara Indonesia dan Timor Leste.

Pasalnya, di daerah perbatasan rawan terjadinya tindakan penyelundupan, terutama penyelundupan BBM, yang dilakukan oleh warga masyarakat Indonesia maupun Timur Leste.

Hal ini dikarenakan adanya selisih harga BBM di Indonesia dengan harga BBM di Timor Leste, sehingga keadaan tersebut dimanfaatkan oleh oknum masyarakat tertentu. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Teni Jenahas)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved