Pasca Pelecehan Ibu Hamil, Wabup Flotim Ingatkan Petugas Kesehatan Ramah kepada Pasien

Pelecahan ibu hamil diduga dilakukan oknum bidan Puskesmas Waiwerang di Pulau Adonara, Kabupaten Flores Timur (Flotim)

Pasca Pelecehan  Ibu  Hamil, Wabup  Flotim  Ingatkan Petugas Kesehatan  Ramah kepada Pasien
POS KUPANG/EUGINIUS MO'A
Wakil Bupati Flotim, Agus Boli memberikan arahan umum kepada ASN, TNI dan Polri, Selasa (17/9/2019) usai memadamkan api di puncak Gunung Ile Mandiri, Larantuka, Pulau Flores. 

Pasca Pelecehan  Ibu  Hamil, Wabup  Flotim  Ingatkan Petugas Kesehatan  Ramah kepada Pasien

POS-KUPANG.COM| LARANTUKA--Pelecahan   ibu  hamil  diduga   dilakukan  oknum  bidan  Puskesmas  Waiwerang  di Pulau Adonara, Kabupaten  Flores  Timur  (Flotim)  Pulau  Flores  mengingatkan  semangat pelayanan..

Wakil  Bupati   (Wabup) Flotim, Agus Boli, secara  keras  mengingatkan semua petugas kesehatan di seluruh Flotim berlaku ramah dan selalu ‘mengalah’ melayani pasien.

Agus   Boli  melarang keras  petugas kesehatan apakah  medis dan  paramedis  melecehkan pasien dan keluarga pasien dengan tutur kata, sikap dan  tindakan.

“Kasihan pasien   yang sudah  sakit, pasti keluarganya   juga susah, tidak bisa kerja dan ketiadaan uang. Kalau pasien datang  jauh-jauh  dari  kampung,  sederhana dan  minder.  Kalau dibentak dan tidak  ramah  diterima maka psikolognya terganggu,” kata  Agus Boli, kepada  pos-kupang.com, Jumat   (4/10/2019).

 Agus  Bioli  percaya  perlakuan dan keramahan petugas kesehatan dan  membantu  kesembuhan  pasien.

Mantan  anggota   DPRD Flotim sering mendengar  keluhan pasien dan keluarganya dilecehkan dengan  kata-kata kampungan, kotor, bodok, dan  udik.

Ia  minta petugas kesehatan  menyadari  bahwa hidup kita sampai pensiun bersama anak istri suami  dibiayai oleh rakyat melalui negara.   Tugas  kita  mensyukurinya  dengan bekerja sebaik-baiknya.

“Layani mereka sebagai saudara dan yakini itu sebagai saluran rahmat dari Tuhan melalui tangan-tangan kita,” ujar Agus  Boli.

Jika ada selisih paham,  Agus  Boli mengajak  diselesaikan dengan hati dingin dan penuh senyum sebagai saudara dalam budaya Lamaholot "kakan keru, arin baki,mela sare helan wai". Artinya terimalah mereka sebagai saudar kandung dan tebarkan suasana aman nyaman seperti air yang menyejukan.

Agus Boli  mengajak semua  petugas kesehatan merefleksikan sikap  bidan  Kamriah  Barek Ile, melecehkan  ibu hamil asal Kiwangona berobat ke  Puskesmas  Waiwerang di  Pulau Adonara, Jumat  (3/10/2019).

TransNusa Tak Jadi Terbang Wings Air Masih Layani Rute Kupang - Rote Ndao

Setoran Sedikit dan Diomeli Istri, LS Nekat Begal di Maumere

Ia   melecehkan ibu hamil dengan bentakan kasar dan kata-kata yang tidak senonoh. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Euginius  Mo’a).

Penulis: Eugenius Moa
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved