Krisis Air

Pemprov NTT Stop Pasok Air Tilong, Warga 14 Kelurahan Alami Krisis Terparah, Petani Menjerit

Distribusi air bersih untuk masyarakat terganggu. Pasokan air irigasi untuk persawahan juga terkendala.

Pemprov NTT Stop Pasok Air Tilong, Warga 14 Kelurahan Alami Krisis Terparah, Petani Menjerit
ANTARA FOTO/BENNI JAHANG
Debit air Bendungan Tilong menurun drastis. 

POS-KUPANG.COM | OELAMASI - Debit air Bendungan Tilong mengalami penurunan. Per September 2019, air berkurang hingga 70 persen. Bendungan di Desa Oenlasi Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang memiliki daya tampung mencapai 19 juta meter kubik.

Kondisi ini berdampak terganggunya distribusi air bersih untuk masyarakat Kota Kupang dan Kabupaten Kupang. Pasokan air irigasi untuk persawahan juga terkendala.

Hanya persawahan di Desa Fatukanutu dan Noelbaki yang memperoleh air, itu pun tidak rutin. Sementara kebanyakan lahan sawah yang sudah ditanami padi dan holtikultura tidak kebagian air.

Ramalan Zodiak Bulan Oktober 2019: Aquarius Cemerlang,Capricorn Sibuk,Gemini Beruntung, Zodiak Lain?

Air Bendungan Tilong juga berubah warna. Selain keruh, berwarna kuning kehijau-hijauan.

Menurut pengamat air Bendungan Tilong Simson Banu, apabila intensitas hujan tinggi maka bendungan penuh air bahkan sampai meluap. Namun, pada tahun 2019, kondisi ketersediaan air menurun drastis. Hal itu dikarenakan musim kemarau panjang.

"Sekarang ini debit air turun sampai 70 persen, masih sisa 30 persen. Memang kita sudah tutup untuk tidak dialirkan tapi permintaan petani dari Fatukanutu dan Noelbaki karena padi terancam gagal panen maka kita keluarkan ke irigasi. Itupun cuma dua hari dalam seminggu," terang Simson saat ditemui di kediamannya, Rabu (25/9/2019).

RAMALAN ZODIAK,Ini 4 Zodiak yang Beruntung Alami Hari Terbaik di Oktober 2019, Cancer Lebih Membara

Simson mengaku sangat mengetahui kondisi pasokan air Bendungan Tilong. Dia berperan sebagai pengamat sejak tahun 2002, setelah Bendungan Tilong diresmikan penggunaannya.

Simson mengatakan, apabila hingga Oktober 2019 hujan belum turun maka debit air Bendungan Tilong bisa turun mencapai 28 persen.

Di saat penurunan debit, distribusi air untuk memenuhi kebutuhan warga Kota Kupang dan Kabupaten Kupang masih berjalan tapi di bawah pengawasan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) SPAM NTT.

3 Zodiak Paling Beruntung Bulan Oktober 2019, Libra Percaya Diri Tinggi, Scorpio Banyak Dukungan

Kasatker Operasi Pemeliharaan Bendungan Tilong pada Balai Sungai Nusa Tenggara II, Bernadeta Tea menjelaskan, debit air Bendungan Tilong saat ini terus menyusut hingga 5,9 juta meter kubik.

Halaman
1234
Penulis: Edy Hayong
Editor: Alfons Nedabang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved