Terkait NPHD, DPRD Sumba Timur Masih Tunggu Hasil Asistensi Pemda Untuk Dibahas

anggaran 2020 akan dilaksanakan sekitar pada pertengahan bulan Oktober 2019, setelah anggota DPRD yang baru pulang mengikuti orientasi di Kupang.

Terkait NPHD, DPRD Sumba Timur Masih Tunggu Hasil Asistensi Pemda Untuk Dibahas
POS-KUPANG. COM/ISTIMEWA
Ketua DPRD Sumba Timur sementara Ali Oemar Fadaq. 

Terkait NPHD, DPRD Sumba Timur Masih Tunggu Hasil Asistensi Pemda Untuk Dibahas

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU--Terkait Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk anggaran Pilkada Sumba Timur Tahun Anggaran 2020, kini Pihak DPRD Kabupaten Sumba Timur masih menunggu hasil asistensi dari Tim Asistensi Pemerintah Daerah (Pemda) Sumba Timur terkait anggaran dana Pilkada Sumba Timur Tahun 2020 yang diusulkan Rp 30.8 Miliar oleh KPU Sumba Timur.

Ketua DPRD Sumba Timur Sementara, Ali Oemar Fadaq menyampaikan itu ketika dihubungi POS-KUPANG. COM melalui sambuangan telepon, Senin (23/9/2019).

Ali Fadaq mengatakan, setelah final hasil asistensi tersebut baru Pemda akan menyampaikan ke DPRD guna melakukan pembahasan pada sidang APBD 2020. Tekait itu, pihaknya juga sudah menyampaikan secara resmi kepada Pemda Sumba Timur. 

Kata dia, sidang pembahasan anggaran 2020 akan dilaksanakan sekitar pada pertengahan bulan Oktober 2019, setelah anggota DPRD yang baru pulang mengikuti orientasi di Kupang. 

"Jadi kita masih tunggu dari Pemda karena mereka yang godok anggaran dari semua unit dan Pemda punya tim Asistensi, terkait anggaran yang diusulkan oleh KPU itu,"kata Ali Fadaq. 

Sementara itu, Ketua KPU kabupaten Sumba Timur, Oktavianus Landi, ketika dihubungi POS-KUPANG. COM, Senin (23/9/2019) belum bisa memberikan keterangan terkait itu, karena alasanya bising karena lagi mengikuti rapat di Jakarta. 

"Bising sekali disini lagi rapat,"ungkapnya seraya mematikan telepon gemgamnya.

Namun sebelumnya, Oktavianus ketika dikonfirmasi POS-KUPANG.COM, Rabu (4/9/2019) dua pekan lalu, mengatakan, KPU Kabupaten Sumba Timur mengusulkan Rp 30,8 miliar rupiah kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sumba Timur untuk anggaran Pilkada tahun 2020.

Oktavianus mengatakan, namun, saat itu, memang belum ada pembahasan secara menyeluruh, terkait dengan anggaran Pilkada itu.

Tetapi khusus untuk tahun anggaran 2019, untuk digunakan dalam tahapan-tahapan awal persiapan Pilkada 2020, kata Oktavianus sudah disetujui Rp 200.000.000.

 "Dana ini untuk tahapan persiapan awal, ada beberapa kegiatan awal. Sedangkan untuk tahapan-tahapan lain Pilkada untuk Tahun anggaran 2020, sejauh ini kami KPU Sumba Timur, belum melakukan asistensi dengan Pemda Sumba Timur,"jelas Okavianus.

Oktavianus juga mengatakan, meskipun begitu, pihaknya sangat berharap agar dalam waktu dekat dalam satu atau dua minggu, pihaknya sudah bisa melakukan asistensi dengan Pemda Sumba Timur terkait anggaran Pilkada pada tahapan-tahapan selanjutnya di Tahun Anggaran 2020 itu.

Pemkab dan DPRD Manggarai Bahas Penambahan Hibah Bawaslu dan KPU, Ini Rangkumannya

Miris, Diperkosa Tetangga, Siswi SMP Ini Ketahuan Hamil Enam Bulan Saat Pingsan di Sekolah

"Karena juga berkenaan dengan tahapan ini, sesuai dengan Peraturan KPU, tahapan dimulai pada tanggal 23 September 2019. Sehingga kami juga berkeinginan untuk segera dimulainya tahapan dan tentunya akan diawali atau diikuti dengan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) itu," kata Oktavianus. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo )


Penulis: Robert Ropo
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved