Sukses Agus Boli Jadi Inspirasi Generasi Muda Lamaholot

Litani hidup Wakil Bupati Flores Timur, Agustinus Payong menjadi inspirasi generasi muda Lamaholot.

Sukses Agus Boli Jadi Inspirasi Generasi Muda Lamaholot
POS-KUPANG.COM/Foto dokumentasi IGI Flotim
Wakil Bupati Flores Timur, Agus Payong Boli (tengah) bersama pengurus IGI Flores Timur, Jumat (20/9/2019) di Jakarta Convention Centre. 

POS-KUPANG.COM | MAUMERE - Litani hidup Wakil Bupati Flores Timur (Flotim), Agustinus Payong Bolitertatih-tatih sejak bangku SD hingga perguruan tinggi menjadi inspirasi generasi muda Lamaholot, Flotim di Pulau Flores, tidak pernah menyerah dalam melanjutkan pendidikannya, apapun latar belakang kehidupan ekonomi kita.

Agus, anak petani miskin menuntaskan kuliahnya kurang dari tiga tahun meraih gelar sarjana hukum dengan predikat "summa cum Laude" dengan IPK 3, 98 dan kategori wisudawan terbaik.

"Saya salut mendengar cerita perjuangan Pak Agus. Kisah perjuangan beliau inilah yang memberi inspirasi banyak orang, sehingga mendorong saya untuk selalu menceritakan ulang di depan kelas sebagai motivasi terhebat bagi anak didik saya di kelas," ujar Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Cabang Flores Timur, Frans Berek, Senin (23/9/2019).

KPU Manggarai Barat Peringkat Pertama Nasional Penyelenggara Transparansi Informasi Pemilu

Agus terlahir dari pasangan suami istri buta huruf Petrus Pati Doni, dan Thresia Surat Hali.

Keluarga petani miskin di Dusun Wai Helan, Desa Bukit Seburi, Kecamatan Adonara Barat berjuang sejak SD hingga SMA untuk mengenyam pendidikan dengan kerja keras.

Saat Dilantik, Ketua DPRD Manggarai Barat Edistasius Endi Singgung Lagu Iwan Fals, Ini Pesannya

Tak seperti anak-anak lain pada umumnya,setiap hari pulang sekolah, ia mesti ke kebun mengolah kemiri dan kopi untuk mendapatkan sesen rupiah membayar uang sekolah, seragam dan buku.

Bahkan ketika SMA, ia mesti berpindah-pindah sekolah karena alasan biaya dan sempat menjadi loper koran.

Menamatkan SMA, Agus merantau menjadi buruh kasar di Lahadato, Sandakan dan Kota Kinabalu, Malaysia demi mencari uang untuk biaya kuliah.

Frans Berek, mengungkapkan kebahagiaannya atas API yang diberikan kepada Agus.

"Selama ini, Pak Agus selalu support kegiatan kami," kata Frans Berek.

Mewakili jajaran pengurus dan 250 anggota IGI Flotim, Frans Berek mengucapkan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi spektakuler pemberian API ketiga kalinya ini.

"Kami bangga. API Nasional menjadi kontribusi bagi pejabat atau tokoh masyarakat lainnya menjalin kolaborasi yang kuat memajukan pendidikan di Lamaholot Flores Timur tercinta ini. Mari bersama bergandengan tangan, memberi dengan hati bagi putera-puteri generasi penerus tongkat estafet menuju Lamaholot Digital," imbuh Frans Berek. (laporan reporter pos kupang.com, eginius mo'a)

Penulis: Eugenius Moa
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved