Enam Kantor Cabang KSP TLM di Flores Diresmikan Anggota Sudah Ribuan

Sebanyak enam Kantor Cabang KSP TLM di Flores diresmikan jumlah anggota sudah ribuan

Enam Kantor Cabang KSP TLM di Flores Diresmikan Anggota Sudah Ribuan
POS-KUPANG.COM/LAUS MARKUS GOTI
Bupati Manggarai Timur Agas Andreas memukul gong pada acara peresmian Kantor Cabang KSP TLM di Borong. 

Sebanyak enam Kantor Cabang KSP TLM di Flores diresmikan jumlah anggota sudah ribuan

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Sebanyak enam kantor cabang Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Tanaoba Lais Manekat ( TLM) di daratan Flores diresmikan dalam kurun waktu September 2019.

Dengan diresmikan enam kantor cabang di Kabupaten Flores Timur, Ende, Negekeo, Manggarai, Manggarai Barat dan Manggarai Timur tersebut, KSP TLM sudah menjangkau semua Kabupaten di daratan Flores.

Pemprov NTT Inginkan Kasus Anak Berhadapan Dengan Hukum Diselesaikan Lewat Mediasi

Kehadiran KSP TLM di Flores dinilai oleh Pemerintah setempat bisa membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat kecil terutama kaum perempuan pelaku usaha mikro.

Demikian dijelaskan oleh Manager SDM KSP TLM, kepada POS-KUPANG.COM, di ruang kerjanya, Senin (16/9/2019).

"Pemerintah daerah setempat sangat antuasias menyambut kehadiran TLM. Karena kita ingin mengangkat atau membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat kecil, kaum perempuan pelaku usaha mikro. Itulah yang menjadi ke khasan KSP TLM," jelasnya.

Penderita Stunting 2018 Mencapai 201 Orang Kades Mata Air Pertanyakan Sumber Data

Anggota KSP TLM di enam kantor cabang yang baru diresmikan tersebut sudah mencapai lebih dari seribu orang. Menurut manager SDM, sebelum diresmikan kantor-kantor cabang tersebut sudah beroperasi karena telah memiliki rekomendasi ijin dari pemerintah daerah dan memperoleh ijin operasional dari Kementrian Koperasi dan UKM RI sejak bulan April 2019" jelasnya.

Ia mengatakan, sampai saat ini ada 38 Kantor Cabang KSP TLM. 34 di Provinsi Nusa Tenggara Timur, 2 di Kepulauan Sulawesi dan Provinsi Bali 2 Kantor Cabang. Di Provinsi NTT sendiri, tinggal dua Kabupaten yang belum ada kantor cabang yakni Kabupaten Sumba Barat dan Sumba Barat Daya.

Ada beberapa alasan mengapa KSP TLM secara khusus memerhatikan kaum perempuan pelaku usaha mikro, diantaranya, sesuai dengan visi dan misi KSP TLM ingin memberdayakan masyarakat miskin, usahawan mikro dan di Indonesia untuk meningkatkan taraf hidup mereka.

Selain itu, kata dia, dalam masyarakat pada umumnya perempuan berperan mengelola ekonomi rumah tangga, sehingga perlu dibantu, dilatih dan dibina.

"Disamping itu karena perempuan yang mengelola ekonomi rumah tangga, maka dia paham betul kebutuhan di dalam keluarganya, mana yang pokok, penting dan mana yang merupakan kebutuhan tambahan," ungkapnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Laus Markus Goti)

Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved